Malam hingga Pagi Diguyur Hujan, BPBD Sukabumi Minta Warga Waspada

Syahdan Alamsyah - detikNews
Rabu, 24 Feb 2021 09:42 WIB
BPBD Sukabumi mengingatkan potensi bencana akibat hujan terus menerus
BPBD Sukabumi mengingatkan potensi bencana akibat hujan terus menerus (Foto: Syahdan Alamsyah)
Sukabumi -

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi meminta warga untuk waspada terutama bagi mereka yang tinggal di lokasi rawan bencana.

Informasi yang diperoleh detikcom, sejak malam tadi hingga pagi ini hujan hampir merata terjadi di wilayah Sukabumi. Di Palabuhanratu, hujan dikabarkan terjadi sejak malam tadi, hingga sekitar pukul 09.00 WIB hujan masih merata terjadi.

"Tetap waspada dalam segala kemungkinan bencana baik itu longsor, banjir dan tanah bergerak. Segera lakukan penyelamatan minimal untuk diri sendiri dan keluarga terdekat apabila tempat nya terancam bencana," kata Plt Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sukabumi Anita Mulyani kepada detikcom, Rabu (24/2/2021).

Anita juga membagikan informasi yang bersumber dari prakiraan BMKG yang berlaku mulai hari ini hingga 25 Februari besok soal potensi dampak hujan lebat untuk dampak banjir bandang di wilayah Jawa Barat. Kabupaten Sukabumi sendiri tertulis berstatus siaga.

"Siapkan kepentingan darurat dalam satu tas bisa pakaian, baju dalam dan obat pribadi. Tetap tenang dan jangan panik, petugas P2BK BPBD yang bersiaga di tiap kecamatan juga memantau perkembangan cuaca berikut potensi bencana yang mungkin terjadi," lanjut Anita.

Pantauan di wilayah Palabuhanratu, hujan sempat lebat mulai dari malam tadi, namun hingga pagi ini hujan mereda dengan sedikit gerimis. Beberapa pengendara motor terlihat mengenakan jas hujan melintasi genangan air akibat saluran air yang meluap hingga ke jalan.

Simak juga video 'Prakiraan Cuaca BMKG: Waspada Hujan Bedurasi Lama!':

[Gambas:Video 20detik]



(sya/mud)