Sepanjang 2020, Bawaslu Selesaikan 288 Pelanggaran Pilkada di Jabar

Faizal Amiruddin - detikNews
Senin, 22 Feb 2021 17:55 WIB
Bawaslu Jabar
Foto: Bawaslu Jabar (Faizal Amiruddin/detikcom0.
Pangandaran -

Bawaslu Jawa Barat menangani total 288 perkara pelanggaran yang terjadi pada Pilkada Serentak 2020 di 8 kota/kabupaten di Jawa Barat.

Hal itu diungkapkan komisionet Bawaslu Jawa Barat Sutarno usai acara refleksi pengawasan Pilkada di pantai timur Pangandaran, Senin (22/02/2021).

"Sepanjang Pilkada 2020 di 8 kota dan kabupaten, Bawaslu Jabar menangani 288 pelanggaran," kata Sutarno.

Dia mengatakan pelanggaran itu terjadi dalam berbagai kategori, yakni 68 pelanggaran administrasi, 24 pelanggaran kode etik, 15 pidana Pemilu dan 75 pelanggaran lainnya.

"Pelanggaran lainnya itu termasuk pelanggaran netralitas atau Kepala Desa," kata Sutarno. Dia menegaskan seluruh perkara tersebut sudah dapat diselesaikan.

Sutarno mengatakan Pangandaran termasuk daerah dengan tingkat pelanggaran yang tinggi. "Pelanggaran Pemilu di Pangandaran termasuk tinggi. Selain Pangandaran ada Kabupaten Bandung, Karawang dan Indramayu," kata Sutarno.

Ketua Bawaslu Pangandaran Iwan Yudiawan didamping Koordinator Divisi Pengawasan Gaga Abdillah mengatakan selama Pilkada Kabupaten Pangandaran tahun 2020, terdapat 19 Temuan dan 34 laporan.

Temuan terbanyak terdapat pada tahapan kampanye sebanyak 9 kasus. Sementara laporan terbanyak terjadi pada tahapan penetapan hasil Pemilihan sebanyak 20 Laporan, termasuk satu laporan politik uang yang sudah dijatuh vonis di Pengadilan Negeri Ciamis.

"Dalam semua tahapan mulai dari pemutakhiran pemilih sampai penghitungan suara, Bawaslu telah memainkan peranan pengawasan. Misal di saat pemutakhiran data kami mengawasi adanya pemilih ganda," kata Gaga.

Gaga mengatakan kinerja Bawaslu merupakan kerja kolektif karena mendapat dukungan dari semua pihak termasuk dari masyarakat. "Selama proses Pilkada ini tentu banyak hal-hal yang menjadi catatan serta bahan evaluasi bagi kami. Namun yang terpenting kami sampaikan apresiasi kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan," kata Gaga.

(mso/mso)