Warga di Kabupaten Bogor Terendah Disiplin Pakai Masker

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Senin, 22 Feb 2021 16:32 WIB
Poster
Ilustrasi pengguna masker. (Ilustrator: Edi Wahyono)
Bandung -

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengungkapkan soal tingkat kedisiplinan masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan (prokes). Tingkat kedisiplinan masyarakat menggunakan masker di Kabupaten Bogor dinilai paling rendah.

"Untuk tingkat kedisiplinan masker terjadi di atas 84 persen. Terbaik di Kabupaten Sumedang dan yang rendah di Kabupaten Bogor," ujar Emil --sapaan Ridwan-- di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung, Senin (22/2/2021).

Penilaian ini berdasarkan pengamatan petugas di lapangan selama berlangsungnya PPKM. Selain protokol kesehatan masker, jaga jarak juga masuk dalam kategori penilaian.

Untuk jaga jarak, Emil mengatakan masyarakat di Kabupaten Bandung masih dinilai lebih baik ketimbang daerah lainnya. "Jaga jarak, tertinggi itu di Kabupaten Bandung, terendah di Kabupaten Pangandaran," kata Emil.

Dalam kesempatan itu, Emil membahas juga soal vaksinasi tahap kedua di Jabar. Dalam vaksinasi kedua ini, Pemprov Jabar turut memprioritaskan lansia.

"Vaksin yang tahap pertama 82 persen terselesaikan. Dosis kedua di 46 persen. Kita persiapkan penyuntikan masyarakat khusus mulai PNS, TNI-Polri, tokoh masyarakat, pedagang pasar, guru, lansia dan sebagainya," ucap Emil.

(dir/bbn)