Imbas Banjir, 22 Perjalanan Kereta Api Cirebon-Jakarta Dibatalkan

Sudirman Wamad - detikNews
Senin, 22 Feb 2021 12:43 WIB
Petugas melakukan perbaikan dan pengecekan rel kereta api cyang rusak.
Foto: Petugas melakukan perbaikan dan pengecekan rel yang rusak (Istimewa/Humas PT KAI Daop 3 Cirebon).
Cirebon -

Sebanyak 22 perjalanan kereta api yang melintas di wilayah Daop 3 Cirebon, Jawa Barat, dibatalkan akibat adanya kerusakan bantalan rel di wilayah Daop 1 Jakarta. Kerusakan itu terjadi karena dampak banjir yang melanda Jakarta.

Manager Humas PT KAI Daop 3 Cirebon Suprapto mengatakan pembatalan 22 perjalanan itu diakibatkan adanya jalur yang rusak di antara Stasiun Kedunggedeh dan Lemah Abang, Bekasi. 22 perjalanan itu merupakan KA yang yang mengarah Jakarta maupun sebaliknya.

"Hari ini ada 22 perjalanan yang dibatalkan," kata Suprapto dalam keterangan yang diterima detikcom, Senin (22/2/2021).

Suprapto mengatakan batu balas yang menjadi bantalan rel terkikis akibat banjir. Kondisi tersebut tak memungkinkan untuk dilintasi kereta api. Saat ini, lanjut Suprapto, pihak PT KAI masih memperbaiki sejumlah rel yang rusak akibat banjir.

"Tim prasarana melakukan perbaikan berkala, salah satunya dengan menurunkan bantalan beton dan batu kricak pada rel yang rusak," katanya.

Suprapto mengatakan ada 11 KA yang dibatalkan dengan total 22 perjalanan, karena masing-masing KA melakukan perjalanan pulang-pergi. 11 KA yang melintas pulang-pergi dan dibatalkan karena imbas banjir, yakni KA Argo Anggrek relasi Surabaya Pasar Turi-Gambir, KA Argo Lawu relasi Solo-Gambir, KA Argo Dwipangga relasi Gambir-Solo. KA Dharmawangsa relasi Pasar Senen-Surabaya Pasar Turi, KA Bengawan Relasi Pasar senen-Purwosari, KA Tegal Ekspres relasi Tegal-Pasar Senen.

Lebih lanjut, Suprapto mengatakan, KA Argo Bromo Anggrek relasi Surabaya Pasar Turi-Gambir, KA Gajayana relasi Malang-Gambir, KA Bima relasi Surabaya Gubeng-Gambir, KA Jayabaya relasi Surabaya Pasar Turi-Pasar Senen, dan KA Jayakarta relasi Surabaya Gubeng-Pasar Senen.

(mso/mso)