Lutung Penghuni Gunung Sawal Turun ke Perkebunan di Ciamis, Ini Kata Warga

Dadang Hermansyah - detikNews
Senin, 22 Feb 2021 10:48 WIB
Lutung penghuni Gunung Sawal turun ke perkebunan warga di Ciamis.
Foto: Penampakan Lutung penghuni Gunung Sawal yang turun ke perkebunan warga di Ciamis (Istimewa/dokumentasi warga).
Ciamis -

Sejumlah ekor Lutung penghuni Gunung Sawal turun hingga ke perkebunan warga di Desa Budiasih, Kecamatan Sindangkasih, Kabupaten Ciamis. Satwa dilindungi itu terlihat turun pada Sabtu (20/2/2021).

Turunnya lutung ke perkebunan membuat warga heran. Pasalnya hewan tersebut sangat jarang turun dari Gunung Sawal dibandingkan dengan kawanan monyet lainnya.

Tato (40), warga setempat mengaku saat akan ke Gunung Sawal melihat ada beberapa ekor lutung berada di Pohon kelapa. Kemudian ia langsung mengabadikannya melalui kamera ponsel.

"Kaget, karena jarang terjadi Lutung dari Gunung Sawal turun sampai ke perkebunan. Biasanya Lutung jarang menampakkan, selalu berada di atas," ungkapnya saat dihubungi, Senin (22/2/2021).

Menurut Tato, selama ini lutung penghuni Gunung Sawal tidak pernah turun dibandingkan dengan kawanan monyet. Dia pun tidak mengetahui pasti penyebab turunnya beberapa Lutung tersebut.

"Yang saya lihat ada tiga Lutung. Heran saja, tidak biasanya sampai turun. Apakah terganggu habitatnya, atau kurangnya pakan. Warga juga khawatir selain Lutung, satwa lainnya turun seperti macan," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Resort XX Gunung Sawal Bidang KSDA Wilayah III Ciamis Warid mengaku belum mendapat laporan adanya lutung turun ke permukiman warga. Namun, apabila ada warga diminta tidak melakukan perburuan.

"Kalau memang ada Lutung turun, sebaiknya diusir saja kembali ke Gunung Sawal. Jangan sampai diburu. Untuk penyebabnya, belum dipastikan kenapa karena harus mengecek langsung," ujarnya saat dihubungi via telepon.

Lihat juga video 'Monyet Turun ke Permukiman Lereng Merapi':

[Gambas:Video 20detik]



(mso/mso)