Tim SAR Evakuasi 2 Pria yang Nekat Terobos Banjir Bekasi Pakai Ember

Syahdan Alamsyah - detikNews
Minggu, 21 Feb 2021 20:33 WIB
Petugas menyelamatkan dua korban banjir yang menerobos banjir menggunakan ember
Petugas menyelamatkan dua korban banjir yang menerobos banjir menggunakan ember di Bekasi (Foto: Dokumentasi Kantor SAR Jakarta)
Bekasi -

Dua orang penyintas bencana banjir akibat jebolnya tanggul Sungai Citarum berhasil diselamatkan anggota Tim Pencarian dan Pertolongan SAR Jakarta. Keduanya menggunakan ember melintasi derasnya arus banjir.

Humas Kantor SAR Jakarta, Ramli Prasetyo mengatakan sudah ada timnya yang berada di lokasi untuk melakukan assesment. Timnya tiba di lokasi sekitar pukul 14.30 WIB di titik Desa Sumberurip, Kecamatan Pebayuran, Kabupaten Bekasi.

"Ada dua warga yang kita evakuasi di Desa Sumberurip, Kecamatan Pebayuran, Kabupaten Bekasi, mereka mungkin ingin ke tempat yang lebih aman dan berniat evakuasi mandiri menggunakan ember seadanya. Kebetulan tim kami yang tengah assesment melintas dan langsung kita selamatkan dan evakuasi ke tempat aman," ungkap Ramli melalui sambungan telepon, Minggu (21/2/2021).

Ramli menyebut tim yang saat ini berada di lokasi bertujuan untuk melakukan assesment untuk pengecekan situasi di lokasi. Ia membenarkan akibat jebolnya tanggul membuat ketinggian air mencapai 80 - 200 sentimeter.

"Betul tanggulnya jebol itu arusnya lumayan deras ketinggian 80 sentimeter hingga 200 sentimeter. Jadi saat ini masih banyak warga yang terisolir disana, saat ini tim sedang mengupayakan evakuasi, nanti dua tim lagi yang akan berangkat ke Bekasi. Kita terkendala sinyal juga disana," kata Ramli.

"Ada beberapa daerah yang terdampak, banyak warga yang ingin evakuasi juga kita lagi assesment dulu sementara tim yang ini baru satu tim. Mungkin banyak warga yang ingin evakuasi mandiri juga mereka terkendala makanan, logistik," pungkas Ramli menambahkan.

(sya/mud)