Banjir Kembali Terjang Subang, Ratusan Warga Kembali Mengungsi

Dian Firmansyah - detikNews
Minggu, 21 Feb 2021 14:50 WIB
Ratusan warga Subang kembali mengungsi akibat banjir
Ratusan warga Subang kembali mengungsi akibat banjir (Foto: Dian Firmansyah)
Sukabumi -

Intensitas hujan yang masih tinggi menyebabkan debit air di sungai Cipunagara, Subang kembali meluap. Luapan air sungai itu kembali merendam pemukiman di sekitar aliran sungai baik sungai Cipunagara maupun sungai Cigadung.

Ratusan warga terpaksa harus mengungsi meski ini sudah yang ketiga kalinya dalam kurun waktu bulan Februari ini. Salah satu tempat pengungsian yang di pilih warga adalah kolong jembatan layang jalur utama Pantura Subang wilayah Pamanukan.

"Sejak semalam mengungsi, ini ngungsi yang ketiga kalinya karena rumah terendam banjir. Air ada sekitar 50 centimeter di rumah," ujar Novia di lokasi pengungsian kolong jembatan, Minggu (21/02/2021).

Novia mengungsi bersama keluarga dan hampir semua warga korban banjir mengungsi ke lokasi ini, namun ada juga yang memilih mengungsi ke gedung pemerintah, mesjid atau rumah sanak saudara yang tidak terdampak banjir.

Banjir ini mulai terjadi sejak Sabtu (20/02) tengah malam, luapan air terus meninggi seiring dengan hujan yang saat itu masih mengguyur baik di wilayah Pamanukan maupun wilayah Subang kota.

Khawatir banjir terus meninggi, warga lebih memilih mengungsi lebih awal ketika air banjir sudah merendam pemukiman. Mayoritas pengungsi hanya membawa pakaian alakadar dan meninggalkan harta benda demi keselamatan.

"Kita trauma banjir yang pertama, itu sangat besar jadi kami mengungsi saja bawa anak istri. Barang-barang di rumah mah enggak tau gimana nasibnya yang penting selamat aja dulu," ujar Roni Pengungsi lainnya.

Pantauan detikcom di lokasi pengungsian, ratusan warga sudah nampak menempati lokasi kolong jembatan ini, mereka menggelar tikar sebagai alas untuk istirahat, pagar pembatas jembatan di manfaatkan warga untuk menjemur pakaian mereka yang basah.

Sementara air banjir yang menggenangi rumah warga terlihat masih terjadi, kondisi aliran sungai pun nampak deras dan meluap. Jika hujan terus mengguyur dimungkinkan air akan semakin tinggi.

Simak video 'Banjir di Wilayah Pantura Subang Semakin Meluas':

[Gambas:Video 20detik]



(mud/mud)