Pergerakan Tanah, 20 Rumah Warga di Kabupaten Bandung Rusak

Muhammad Iqbal - detikNews
Kamis, 18 Feb 2021 15:20 WIB
Rumah warga di Kabupaten Bandung mengalami retak gegara pergerakan tanah.
Foto: Rumah warga di Kabupaten Bandung mengalami retak gegara pergerakan tanah (Muhammad Iqbal/detikcom).
Kabupaten Bandung -

Sebanyak 20 rumah warga di Kampung Cikadu Kidul, RT 04 RW 02, Desa Buninagara, Kecamatan Kutawaringin, Kabupaten Bandung mengalami kerusakan akibat terjadinya pergerakan tanah. Dari jumlah tersebut 10 rumah alami rusak parah.

Pada awalnya, rumah warga mengalami retakan kecil. Lambat laun, retakan tersebut semakin melebar dan memanjang.

Seperti yang dialami oleh Eyeh (50). Kerusakan parah terjadi di dalam rumah milik Eyeh, tembok rumah sudah retak parah. Bahkan, lantai rumahnya pun sudah turun sekitar 10 Cm yang membuat lantai rumahnya tidak rata.

"Ini lihat pa, di sini udah miring pisan (sangat miring)," kata Eyeh kepada detikcom, Kamis (18/2/2021).

Ia sempat menutup retakan di lantai menggunakan semen. Namun, tidak berselang lama retakan tersebut kembali terbuka. Selain itu, pintu rumahnya pun tidak dapat dibuka karena terhalang akibat pergeseran tanah tersebut. Banyak warga menduga ada pergerakan tanah di bawah rumah milik warga.

"Sama ibu ge ditutup sama semen. Sebelah sini mah rusak udah ditutup juga," kata Eyeh.

Meski begitu, ia bersama keluarganya tetap memilih bertahan di rumah tersebut. Ia khawatir, rumahnya semakin parah apabila tidak segera di tangani.

Ketua RT setempat Odang Setiawan mengatakan, hingga hari ini ada sebanyak 20 rumah yang mengalami kerusakan. Sebanyak 10 rumah di antaranya mengalami rusak parah.

"Ada sekitar 20 rumah yang rusak. Kalau yang parah sekitar 10 -an rumah," kata Odang.

Odang mengatakan, dari 20 rumah tersebut ditinggali oleh 35 keluarga. Mereka memilih tetap bertahan sembari menunggu bantuan dari pemerintah setempat.

"Ada 35 KK dari 20 rumah," ucap Odang.

(mso/mso)