Melihat Progres Perbaikan Jalan Ambles Km 122 Tol Cipali

Dian Firmansyah - detikNews
Selasa, 16 Feb 2021 10:29 WIB
Progres perbaikan jalan ambles di Tol Cipali baru 10 persen
Progres perbaikan jalan ambles di Tol Cipali baru 10 persen (Foto: Dian Firmansyah)
Subang -

300 tiang pancang (sheet pile) sudah berhasil di tanam di median jalan yang akan dibangun untuk jalan darurat. Tiang pancang yang di tanam dua baris itu, bertujuan untuk menahan atau memperkuat pergerakan tanah.

Dengan selesainya penanaman tiang pancang, para pekerja kini mulai melakukan pengerjaan perbaikan di titik jalan ambles maupun melanjutkan progres pembangunan jalur darurat.

"Untuk yang di jalannya di projeknya, penanaman sheet pile sudah dilakukan di median jalan sehingga kita bisa lakukan perapihan di lokasi projek (titik jalan amblas)" ujar General Manager Operasional Astra Infra Toll Road Cipali Suyitno di kantornya di cilameri, Subang, Selasa (16/02/2021).

Dilihat detikcom di lokasi jalan ambles, sejumlah alat berat tengah dilakukan pengecekan sebagai persiapan proses perbaikan di titik jalan ambles. Bahan material batu untuk pengurukan serta alat pendukung lainnya sudah tersedia dilokasi.

"Untuk proses pengecekan kontur tanah masih dilakukan dari empat titik baru dua dilakukan. Proses perbaikan jalan ini baru mencapai 10 persen," kata Suyitno.

Sementara jalur darurat kini memasuki tahap akhir pembangunan, jika jalur ini rampung maka arus lalulintas dari arah Cirebon menuju Jakarta dapat menggunakan jalur darurat dan tidak diberlakukan lagi sistem contraflow.

"Mudah-mudahan cuaca mendukung jalan sementara dapat selesai pada 21 Februari sedangkan perbaikan jalan utama ditargetkan selesai dalam waktu satu bulan setengah," ucapnya.

(mud/mud)