Arus Balik Libur Imlek, Tol Cikampek Terpantau Ramai Lancar

Dian Firmansyah - detikNews
Minggu, 14 Feb 2021 12:41 WIB
Kondisi lalin di Tol Cikampek
Foto: Kondisi lalin di Tol Cikampek (Istimewa).
Karawang -

Arus balik libur panjang Tahun Baru Imlek di Tol Cikampek terpantau ramai lancar. Belum terlihat adanya lonjakan kendaraan di ruas tol tersebut.

Berdasarkan pantauan di sekitar Gerbang Tol Cikatama, Minggu (14/1/2021) sekitar pukul 11.00 WIB, belum terlihat adanya lonjakan arus kendaraan dari arah Cirebon menuju Jakarta.

Kendaraan yang melintas di Jalan Tol Cikampek di kedua arah dapat memasuki dan melakukan transaksi di gardu pembayaran tol tanpa ada antrean yang biasanya sering terjadi saat arus balik libur panjang.

Berdasarkan rilis dari Jasa Marga tercatat pada H-1 dan H Libur Tahun Baru Imlek, 264 Ribu kendaraan meninggalkan Jabotabek. Total volume lalin yang meninggalkan wilayah Jabotabek ini turun 8 persen jika dibandingkan lalin normal.

Untuk distribusi lalu lintas meninggalkan Jakarta dari ketiga arah yaitu mayoritas sebanyak 135.280 kendaraan menuju arah Timur, 69.034 kendaraan menuju arah Barat, dan 60.144 kendaraan menuju arah Selatan. Adapun rincian distribusi lalin sebagai berikut:

Arah Timur atau arah Cirebon di GT Cikampek Utama 1, dengan jumlah 67.317 kendaraan meninggalkan Jakarta, naik sebesar 5% dari lalin normal. GT Kalihurip Utama 1, dengan jumlah 67.963 kendaraan meninggalkan Jakarta, naik 6,6% dari lalin normal. Total kendaraan meninggalkan Jakarta menuju arah Timur adalah sebanyak 135.280 kendaraan, naik sebesar 5,8% dari lalin normal.

Diperkirakan arus balik akan mulai terlihat pada sore hingga malam nanti.

(mso/mso)