Daring Ruang Riung, Cara Polres Sukabumi Fasilitasi Pelajar Sekolah Online

Syahdan Alamsyah - detikNews
Kamis, 11 Feb 2021 14:15 WIB
Polres Sukabumi siapkan ruang khusus untuk membantu pelajar sekolah online..
Foto: Polres Sukabumi siapkan ruang khusus untuk membantu pelajar sekolah online (Syahdan Alamsyah/detikcom).
Sukabumi -

Satuan Lalu Lintas Polres Sukabumi menyiapkan sebuah ruangan khusus untuk membantu pelajar melaksanakan sekolah online. Ruangan khusus iu diberi nama 'Daring Ruang Riung'.

Di ruangan khusus itu para pelajar bisa memanfaatkan berbagai fasilitas yang telah disediakan. Seperti akses internet hingga gadget.

Salah seorang orang tua siswa Imas (30), mengaku cukup terbantu dengan adanya fasilitas belajar yang disediakan oleh anggota kepolisian. Apalagi, kata dia, selama ini cukup kesulitan membeli kuota internet untuk putranya yang berstatus pelajar sekolah dasar.

"Sudah bingung, sulit membeli kuota anak karena proses belajar di masa pandemi ini kan enggak lewat tatap muka tapi online. Jangankan beli pulsa untuk kuota, ada uang harus dibagi-bagi dengan kebutuhan lain," tutur Imas kepada awak media di Gedung Satpas Polres Sukabumi, Kamis (11/2/2020).

Imas mengapresiasi ide dari kepolisian tersebut. Berkat ruang belajar daring anaknya bisa tetap mengikuti kegiatan belajar mengajar secara daring. "Alhamdulillah sudah difasilitasi pihak kepolisian jadi tetap bisa belajar secara daring," lanjut Imas.

Kegiatan Polres Sukabumi tersebut merupakan inovasi Pos Lantas Tangguh untuk mengimplementasikan program 100 hari Kapolri dengan mengedepankan pelayanan publik kepada masyarakat.

"Ini adalah wujud aplikasi Polres Sukabumi dalam hal ini Satlantas Polres Sukabumi dalam mengimplementasikan program 100 hari Kapolri yaitu mengedepankan pelayanan publik kepada masyarakat. Di belakang saya ini adalah adik-adik yang tidak bisa melaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan daring karena tidak memiliki kuota internet, tidak memiliki peralatan gadget untuk melaksanakan kegiatan daring," kata Kapolres Sukabumi AKBP Lukman Syarif didampingi Kasatlantas AKP Riki FM.

Ada 10 anak yang mengikuti kegiatan belajar daring hari ini. Mereka berasal dari SDN 2 Palabuhanratu. Kepolisian meminta data anak-anak yang tidak memiliki gadget dan keterbatasan kuota untuk ikut kegiatan belajar daring. Mereka duduk berjajar jaga jarak mengenakan masker, sebelum memasuki ruangan mereka juga mencuci tangan dan menggunakan hand sanitizer.

"Ini merupakan inovasi dengan tema Lantas Tangguh, berupa layanan zoom meeting gratis bersama perangkat terutama WiFi gratis. Jadi siapapun boleh untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar di ruangan ini, namun dengan protokol kesehatan dan jumlah terbatas. Saat ini di ruangan ini kita batasi sementara untuk SD terdekat dengan kantor Satlantas Polres Sukabumi," lanjut Lukman.

Inovasi tersebut, kata Lukman, akan terus dikembangkan. Bahkan rencananya ia akan membuat mobile WiFi yang akan mendatangi warga dan memberikan jaringan internet gratis secara berkala.

"Nanti ke depannya kita akan mengembangkan lagi layanan mobile WiFi jadi kita akan mengembangkan lagi pelayanan yang secara mobile. Ini adalah salah satu wujud kami cinta kepada masyarakat Sukabumi, cinta kepada anak anak kita di masa Pandemik COVID-19 ini mereka tidak putus belajar, mereka tetap bisa belajar secara daring," ucap Lukman.

(sya/mso)