PPKM Dua Pekan, Mal di Bandung Tutup Lebih Malam

Wisma Putra - detikNews
Selasa, 09 Feb 2021 18:34 WIB
Poster
Ilustrasi (ilustrator: Edi Wahyono)
Bandung -

Mal dan toko modern di Kota Bandung buka lebih malam saat pemerintah menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) selama dua pekan.

"Kemarin kami rapat dengan pak Sekda. Pak sekda laporan kepada pak wali kota, disetujui oleh pak wali kota. Nanti mungkin menunggu Perwal, kita inline dengan Inmendagri (Instruksi Menteri Dalam Negeri) Nomor 3 Tahun 2021 terkait jam operasional untuk toko swalayan, buka pukul 10.00 WIB dan tutup pukul 21.00 WIB dengan okupansi pengunjung yang tadinya 25 persen menjadi 50 persen," kata Kadisdagin Kota Bandung Elly Wasliah, Selasa (9/2/2021).

Selain itu, Elly mengungkapkan, dengan penerapan pembatasan jam operasional dan okupansi, sangat berpengaruh terhadap kunjungan. "Jelas, ada pengaruh. Karena begitu penerapan ada PSBB Proporsional di Kota Bandung, dimana waktu itu tutup pukul 19.00 WIB dan okupansinya 30 persen. Kini okupansinya jadi 25 persen saat tutup pukul 20.00 WIB. Berdasarkan laporan dari toko modern, omzet menurun dan sif pegawai agak kesulitan, di masing-masing tenant, toko modern dan ritel," tutur Elly.

"Dengan kembali lagi ke Pukul 21.00 WIB, mudah-mudahan tidak ada tenaga kerja yang di rumahkan," dia menambahkan.

Menurutnya, kebijakan ini akan memberikan angin segar bagi para pengusaha toko modern di Kota Bandung. "Ini angin segar. Karena okupansi dikasih 50 persen, (pada pelaksanaannya) enggak ada sampai 50 persen (kunjungan) paling 30-40 persen. Kecuali ada long weekend, tapi jarang. Kalau weekend pun 40 persen dan weekday juga 30 persen," tutur Elly.

Pihaknya berharap dengan penambahan jam operasional dan okupansi ini perekonomian di Kota Bandung kembali meningkat. "Peningkatan ekonomi bergerak, dengan ada tambahan okupansi dan jam operasional akan menambah geliat ekonomi," ucap Elly.

Meski demikian, pihaknya mengimbau agar para pengusaha tetap menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat. "Saya akan sampaikan kepada teman-teman, baik manajemen mal supaya lebih ketat terapkan protokol kesehatan, karena bagaimanapun ekonomi harus membantu kesehatan," ujar Elly.

Lihat juga Video: Luhut Minta Mal di Jabodetabek Tutup Pukul 19.00 WIB

[Gambas:Video 20detik]



(wip/bbn)