Aktivis 98 Kritisi Honesti Basyir Jadi Kandidat Ketua Ikatan Alumni ITB

Siti Fatimah - detikNews
Sabtu, 06 Feb 2021 14:03 WIB
Honesti Basyir
Foto: Istimewa
Bandung -

Honesti Basyir yang saat ini menjabat sebagai Direktur Utama Bio Farma (Holding BUMN Farmasi) telah resmi ditetapkan menjadi salah satu kandidat Ketua Umum Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung (IA-ITB).

Menanggapi hal tersebut, Ketua Perhimpunan Pergerakan Jejaring Nasional Aktivis 98 (PPJNA-98) Anto Kusumayuda mengatakan, keikutsertaan Honesti Basyir dalam pencalonan Ketua IA-ITB jangan sampai meninggalkan kepentingan nasional.

Kepentingan nasional yang dimaksud ialah pengadaan dan distribusi program vaksin COVID-19 yang tengah digadang-gadangkan pemerintah sebagai jalan keluar pandemi.

"Kami meminta kepentingan Nasional yang mendesak ini harus diutamakan, dengan majunya Honesti Basyir dalam pencalonan ketua umum Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung (IA-ITB) periode 2021 hingga 2025. Sebaiknya tidak terganggu dulu dengan urusan organisasi, lebih fokus pengadaan vaksin," kata Anto dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Sabtu (6/2/2021).

Lebih lanjut, berdasarkan data yang dirilis Satgas Penanganan COVID-19, penerima vaksin baru 700.266 orang dari target 181.554.465 juta orang penerima vaksin. Jumlah tersebut, kata dia, masih jauh dari harapan yang signifikan.

"Belum menyangkut ketersediaan vaksin, itu tugas dari BUMN Bio Farma harus kerja keras di garda terdepan dalam pengadaan vaksin. Dirut Bio Farma Memikul tanggung jawab untuk kesuksesan dan kelancaran penyediaan vaksin," ujarnya.

Anto mengatakan, Dirut Bio Farma seharusnya jangan terganggu dengan agenda lain salah satunya pencalonan kandidat ketua IA-ITB yang pada Maret 2021 akan dilangsungkan pemungutan suara. "Jangan terganggu dengan agenda lain harus fokus bekerja memimpin Bio Farma dalam penyediaan vaksin," sambungnya.

Selain itu, Anto juga meminta agar Menteri BUMN Erick Thohir dapat mengambil tindakan untuk mengingatkan Dirut Bio Farma agar fokus pada program vaksinasi.

"Sebaiknya Bapak Meneg BUMN Erick Tohir untuk memerintahkan pada Dirut Bio Farma, Honesti Basyir untuk fokus memimpin Bio Farma mensukseskan penyediaan Vaksin, jangan terganggu dulu sama urusan organisasi lain, akan mengganggu konsentrasi," pungkasnya.

Sekedar diketahui, Honesti Basyir atau yang akrab disapa Ones telah melakukan deklarasi diri sebagai kandidat Ketua IA-ITB bersama ratusan alumni lainnya secara virtual pada Jumat kemarin (5/2). Dalam kesempatan itu, ia membeberkan visi serta misinya di depan alumni lintas angkatan, pengurus daerah, komisariat dan Ikatan Alumni Prodi.

Selain visi misi, Ones juga mengenalkan platform resminya sebagai wadah dukungan, menyampaikan gagasan, masukan, ide dan lain sebagainya di website https://honestiforiaitb.id/, Instagram @to.be.ones, Twitter @tobe_ones, Facebook To Be Ones, Youtube To Be Ones dan Email to.be.ones@mail.co.id.

Bukan hanya Honesti Basyir (Teknik Industri 1987), ada tujuh kandidat lainnya yaitu I Made Dana Tangkas (Teknik Industri 1984), Gembong Primadjaja (Teknik Mesin 1986), Hariyono (Teknik Informatika 1985), Bimo Sasongko (Teknik Informatika 1990), Syarifah Amelia (Fisika 2007), Gatot Sudariyono (Teknik Mesin 1980) dan Seterhen Akbar Suriadinata (Teknik Elektro 2003).

(ern/ern)