3 Wisatawan Reaktif Saat Tes Rapid Antigen di Tol Soroja Bandung

Muhammad Iqbal - detikNews
Sabtu, 30 Jan 2021 22:30 WIB
Tol Soroja
Tol Soroja (Foto: Muhammad Iqbal/detikcom)
Kabupaten Bandung -

Petugas Satlantas Polresta Bandung menemukan tiga wisatawan yang dinyatakan reaktif berdasarkan tes rapid antigen. Mereka terjaring pengetesan secara acak yang dilakukan di depan pintu keluar Tol Soroja, Kabupaten Bandung.

Kasatlantas Polresta Bandung Kompol Erik Bangun Prakasa mengatakan ada tiga warga luar Kabupaten Bandung yang dinyatakan reaktif. Mereka pun diminta langsung melakukan swab test dan isolasi mandiri.

"Ada tiga yang reaktif," ujar Kasatlantas Polresta Bandung saat dihubungi detikcom, Sabtu (30/1/2021).

Erik menuturkan hasil tersebut di dapat dari kerja sama antara Polresta Bandung bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung. Hal tersebut merupakan salah satu langkah pencegahan penularan pada masa Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Di mana, setiap orang yang akan masuk ke Kabupaten Bandung harus menyertakan surat hasil tes rapid antigen atau swab test. Apabila tidak memiliki surat keterangan, petugas akan memutarbalikkan kendaraan.

"Meski begitu, kami menyediakan tes rapid antigen gratis jika pengendara tidak mempunyai surat keterangan hasil tes," ujarnya.

Selain itu, petugas pun menemukan tiga bus wisata yang melebihi kapasitas penumpang. "Kita amankan tiga bus yang kapasitas 30 orang, tetapi diisi 40 orang," kata Erik.

Sekadar diketahui, Kabupaten Bandung kembali menerapkan PPKM bersama sejumlah kabupaten kota di Jawa Barat. Hal tersebut dikarenakan kasus terkonfirmasi positif yang terus mengalami peningkatan.

(bbn/bbn)