Simak Jalur Masuk ITB 2021 dan Jadwal Seleksinya

Siti Fatimah - detikNews
Sabtu, 30 Jan 2021 21:16 WIB
logo itb
Foto: logo itb
Jakarta -

Calon mahasiswa yang berminat melanjutkan pendidikan ke Institut Teknologi Bandung (ITB) perlu bersiap diri. Sebab di bulan-bulan awal tahun ini akan dibuka jalur masuk ITB tahun 2021 melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, hingga SM-ITB.

Direktur Pendidikan ITB Arief Hariyanto menjelaskan secara gamblang informasi penerimaan mahasiswa baru ITB di tahun 2021 dalam Open House ITB secara virtual. Ada beberapa perubahan dalam proses Seleksi Nasional 2021 yaitu dari jenis penerimaan mahasiswa baru dari jalur Fakultas dan Peminatan Program Studi.

"Di ITB itu uniknya karena punya dua jenis penerimaan. Jalur fakultas, maksudnya mahasiswa yang diterima akan masuk dalam fakultas. Setelah mereka menjalankan proses pendidikan, dan akhir tahun mereka bisa memilih prodi," ujar Arief dalam keterangan via Zoom meeting, Sabtu (30/1/2021).

Kemudian, mahasiswa yang masuk jalur fakultas dan memilih program studi (prodi) di akhir tahun akan dibandingkan dengan kapasitas yang tersedia berdasarkan prodi tersebut. Namun jika minat nya lebih besar akan dilakukan seleksi dari capaian pendidikan. "Jadi mahasiswa diberi pilihan dan harus betul-betul saat menentukan pilihan prodi," ujarnya.

Kemudian ada jalur peminatan dan program studi, pihaknya memisahkan karena proses yang dilalui pun berbeda dan mahasiswa berkesempatan untuk memilih langsung program studi yang diinginkan.

Fakultas dan Program Studi (Prodi) di ITB

Untuk diketahui ITB membuka 12 Fakultas di pendidikan Strata-1 dan 15 Program Studi (Prodi) yang menawarkan Jalur Peminatan. Prodi yang dibuka dari jalur peminatan yaitu Astronomi, Kimia, Meteorologi, Oseanografi (kampus Ganesha dan Cirebon), Teknik Geofisika (Cirebon). Teknik Fisika, Manajemen Rekayasa, Teknik Bioenergi dan Kemurgi, dan Teknik Material. Empat Prodi lainnya yaitu Perencanaan Wilayah dan Kota (kampus Ganesha), Perencanaan Wilayah Kota (Cirebon), Teknik Industri (Cirebon), dan Kewirausahaan.

Sedangkan untuk Fakultas S1 Reguler ada Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Teknik Mesin dan Dirgantara, Ilmu dan Teknologi Kebumian, Seni Rupa dan Desain, Teknologi Industri, Teknik Pertambangan dan Perminyakan, Teknik Sipil dan Lingkungan, Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati, Arsitek Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan, Bisnis dan Manajemen, Farmasi, dan Sekolah Teknik Elektro dan Informatika.

Pada jenjang S1 Paralel, terdapat 3 prodi baru di Sekolah Teknik Elektro dan Informatika, yaitu Prodi Informatika, Sistem dan Teknologi Informasi, dan Desain Komunikasi Visual. "Ketiga kelas baru tersebut merupakan kelas paralel dari program studi di ITB kampus Ganesha dengan penekanan pengembangan industri sistem software dan narasi visual digital. Pemilihan kelas paralel ITB kampus Jatinangor dilakukan saat pendaftaran," ujar Arief.

Selain itu, untuk Kelas Internasional ada tujuh prodi yang dibuka, yaitu Prodi Sains dan Teknologi Farmasi, Farmasi Klinik dan Komunitas, Manajemen Bisnis Internasional, Teknik Mesin, Teknik Dirgantara, Teknik Kimia, dan Teknik Lingkungan.

Selanjutnya
Halaman
1 2