Sungai Cipalabuhan Meluap, Dermaga PPN Palabuhanratu Terendam Banjir

Syahdan Alamsyah - detikNews
Senin, 25 Jan 2021 22:57 WIB
Ilustrasi Jalan tertutup akibat banjir, pengalihan arus akibat banjir, awas banjir
Foto: Ilustrasi (Andhika-detikcom)
Sukabumi -

Dermaga Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Palabuhanratu terendam banjir, Senin (25/1/2021) malam. Banjir disebabkan Sungai Cipalabuhan meluap.

Informasi yang diperoleh detikcom, banjir akibat meluapnya aliran sungai itu terjadi setelah hujan deras mengguyur kawasan Palabuhanratu sekitar pukul 19.00 WIB. Suara gemuruh dari arah sungai sempat mengagetkan warga dan nelayan yang masih beraktivitas di sekitar dermaga.

"Awalnya gemuruh dari arah sungai, tiba-tiba meluap dan airnya masuk ke kawasan dermaga, posisi sungai memang dangkal dan menyempit,"kata Deni, warga Palabuhanratu kepada detikcom melalui sambungan telepon.

Air berwarna coklat itu bergemuruh dan mulai menggenangi kawasan dermaga hingga merendam akses masuk dari arah gerbang utama PPN menuju kawasan dermaga bawah.

"Airnya melimpah ruah, melintasi pembatas dan terus masuk ke area dermaga terus ke kawasan tempat tertambatnya perahu. Sampai sekarang belum ketahuan apakah ada perahu yang rusak atau tidak," lanjutnya.

Rumah di Simpenan Terendam Banjir

Banjir juga terjadi di Kampung Citamiang, Kecamatan Simpenan. Beberapa rumah warga juga dikabarkan terendam banjir. Penyebab diduga berasal dari gonggo atau selokan kecil yang meluap dan tersumbat ketika hujan deras sore tadi.

"Lokasinya dekat Puskesmas Simpenan, air meluap merendam rumah-rumah warga. Saat ini masih penanganan, warga juga masih berjaga di sekitar lokasi. Selain itu air juga merendam jalan raya Palabuhanratu arah Kiaradua dan Jampang," kata Alpi salah seorang warga.

Dikonfirmasi terpisah, Plt Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sukabumi Anita Mulyani membenarkan kejadian banjir dermaga dan banjir di wilayah Kecamatan Simpenan.

"Kejadian banjir di Dermaga Palabuhanratu sudah langganan, ketika hujan deras. Masih upaya assessment oleh petugas di lapangan air surut seiring hujan mereda. Sementara info barusan dari P2BK BPBD Kecamatan Simpenan banjir di lokasi itu akibat gonggo yang tersumbat, tapi air sudah mulai surut masih upaya menyingkirkan material yang menyumbat," ujarnya.

(sya/mso)