Polda Jabar Limpahkan Berkas Kasus Habib Bahar ke Kejari Kota Bogor

M Solihin - detikNews
Senin, 25 Jan 2021 19:50 WIB
Video Habib Bahar bin Smith dari Nusakambangan (dok. Istimewa)
(Foto: Video Habib Bahar bin Smith dari Nusakambangan (dok. Istimewa)
Bogor -

Polda Jawa Barat menyerahkan berkas perkara kasus dugaan penganiayaan yang diduga dilakukan Habib Bahar bin Smith ke Kejaksaan Negeri Kota Bogor, Senin (25/1/2021). Penyerahan berkas atau tahap 2 dilaksanakan di Lapas Gunungsindur yang menjadi tempat Habib Bahar bin Smith kini menjalani masa tahanan karena kasus sebelumnya.

"Untuk kegiatan hari ini kita tahap 2 terkait kasus bahar smith itu kasus 170 junto 351 KUHP, dan hari ini sudah tahap 2 dan di hadapan Kejati dan Kejari yang diwakilkan oleh kasi pidum, dan sudah dilaksanakan di ruang aula lapas Gunungsindur," kata Kasubdit I Kamneg Polda Jabar AKBP Hendral Veno di Lapas Gunungsindur, Senin (25/1/2021) sore.

"Jadi berkas perkara ini kita sudah kita limpahkan ke kejaksaan, karena sudah p21 dan hari ini kita tahap 2, penyerahan berkas perkara dan tersangka, berikut barang bukti, ada celana, handphone, terus baju, terkait dengan barang bukti dari pihak korban," sambungnya.

Sementara itu, Kasie Pidum Kejaksaan negeri Kota Bogor Riyanto menjelaskan, Habib Bahar bin Smith tidak ditahan oleh kejaksaan hingga menjelang persidangan, karena Habib Bahar bin Smith saat ini masih menjalani masa hukuman atas kasus sebelumnya.

"Dalam hal ini kejaksaan tidak melakukan penahanan, karena Bahar Smith sedang menjalankan masa tahanan perkara sebelumnya, jadi bukan dititipkan dalam perkara saat ini yang di tahap duakan ke Kejari Kota Bogor," kata Riyanto.

"Setelah tahap dua ini, kita akan melakukan pelimpahan perkara dan barang bukti ke Pengadilan Negeri Kota Bogor," sambungnya.

Untuk diketahui, Habib Bahar bin smith saat ini masih menjalani hukuman atas perkara sebelumnya. Habib Bahar bin Smith saat ini menempati sel di Blok A Lapas Gunungsindur.

"Habib bahar sudah disini (Lapas Gunungsindur) sejak lama, saya pindah ke sini Bulan Agustus (Habib Bahar) sudah ada disini. Mungkin bulan Juli sudah disini, kan cuma sekitar sebulan di Nusakambangan," kata Kalapas Gunungsindur, Mujiarto.

"Tadi juga saya lihat sudah menandatangi p21 itu namanya. Jadi intinya kegiatan tadi kan antara kepolisian dan kejaksaan, karena HBS-nya kan ada disini, kalau Lapas Gunungsinsur hanya memfasilitasi istilahnya," tambah Mujiarto.

(mud/mud)