Daerah 'Bersinar' Tutup Ruang Gerak Sindikat Narkoba di Bandung

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Jumat, 22 Jan 2021 22:18 WIB
Ilustrasi pecandu narkoba yang direhabilitasi BNN
Ilsutrasi kasus narkoba. (Ilustrator: Edy Wahyono)
Bandung -

Badan Narkotika Nasional (BNN) membentuk kelurahan bersih narkoba (bersinar) guna memberantas penyalahgunaan narkotik di Kota Bandung. Bandung dinilai sebagai daerah kedua setelah DKI Jakarta yang jadi sasaran sindikat peredaran narkoba.

Deputi Bidang Pencegahan BNN RI Irjen Anjan Pramuka Putra mengatakan selain menjadi sasaran sindikat peredaran gelap narkotika, Kota Bandung juga dianggap bisa menjadi barometer antisipasi peredaran narkotik. Dalam program ini, BNN menunjuk Kelurahan Babakansari, Kecamatan Kiaracondong, untuk dijadikan percontohan.

"Kelurahan ini penduduknya padat dan menjadi percontohan," ujar Anjan dalam keterangan yang diterima detikcom, Jumat (22/1/2021).

Anjan mengatakan selain di daerah Babakansari, program bersinar ini juga akan diterapkan di 20 Kelurahan lain di Kota Bandung. Program ini akan dijalankan bersama-sama BNN dan Pemkot Bandung.

"Masyarakat Kota Bandung juga harus bersatu dalam memberantas narkoba," kata Anjan.

Berdasarkan peta peredaran yang dicatat tim Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) Kota Bandung, wilayah Kiaracondong termasuk di zona kuning. Artinya, wilayah tersebut termasuk rentan penyalahgunaan atau peredaran narkoba.

Selanjutnya
Halaman
1 2