400 Ton Sampah Tangsel Dibuang ke Serang, Bagaimana Bau Lindinya?

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Jumat, 22 Jan 2021 18:51 WIB
Ilustrasi Pencemaran Sampah
Ilustrasi sampah (Foto: dok,detikcom)
Serang -

Sebanyak 400 ton sampah dari Kota Tangerang Selatan (Tangsel) rencananya dibuang ke TPA Cilowong, Kota Serang. Sampah sebanyak itu akan dikirim per hari, lalu bagaimana lindi dan pengelolaan bau sampahnya?

"Terkait dengan masalah lindi ini perlu disampaikan bahwa kondisi di TPA kita sudah dilakukan penataan, untuk IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah) kita masih konvensional, akan tetapi bertahap ke depan dengan sistem akan kita menggunakan teknologi," kata Kadis Lingkungan Hidup Kota Serang Ipiyanto di Serang, Banten, Jumat (22/1/2020).

Karena TPA CIlowong pernah longsor pada 2019, Pemkot Tangsel ia klaim akan memberikan bantuan anggaran salah satunya menangani masalah ini. Ipiyanto tidak menjelaskan secara gamblang apa yang akan dilakukan Pemkot Tangsel.

Tapi, kompensasi ke warga sekitar akan diterima dari Pemkot Tangsel. Kompensasi bau atau lindi bagi warga bisa berupa pemberian asuransi seperti BPJS.

"Kontribusi ke masyarakat dengan memberikan asuransi atau BPJS ke depan, kemudian penataan lingkungan dan masalah kondisi masyarakat yang ada di sana, hanya mungkin dalam perjanjian kerja sama ke depan," jelasnya.

Antara Pemkot Serang dan Tangsel sudah menyepakati kerja sama pembuangan sampah di TPA Cilowong. Per hari sampah sejumlah 400 ton dikirim ke Kota Serang.

"Untuk fokus pertama lingkungan hidup dan persampahan. Dan kita berharap kerja sama ini tidak merugikan, teknis pelaksanaan seperti apa saya meyakini bahwa Dinas Lingkungan Hidup Kota Serang sudah memiliki sistem dan metode mengurangi polusi dan lainnya," kata Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany.

(bri/bbn)