Cerita Pedagang Tanaman Hias di Bogor Barter Janda Bolong dengan Mobil

M Solihin - detikNews
Kamis, 21 Jan 2021 21:50 WIB
Pedagang tanaman hias di Bogor tukar janda bolong dengan mobil
Pedagang tanaman hias di Bogor tukar janda bolong dengan mobil (Foto: Istimewa)
Bogor -

Bagi seorang penghobi, kadang menukarkan sebuah mobil dengan barang yang disukainya bukan jadi persoalan. Seperti yang dilakukan oleh Deni Lakon misalnya.

Penghobi tanaman hias asal Depok ini rela menukar mobil Brio miliknya dengan tanaman hias janda bolong dan beberapa tanaman hias lainnya.

"Kalau saya memang hobi dari 2005 saya sudah hobi sama tanaman. Kemarin kan saya lihat tuh di Pak Engkus itu tanamannya bagus-bagus, termasuk janda bolong ada, Jose ada, ada klobe juga. Jadi memang saya hobi, sudah gitu hobi ini kan menguntungkan gitu," kata Deni Lacon, Rabu (21/1/2021).

"Tawaran mobil itu sebenarnya, kalaupun saya engga punya mobil itu pakai uang juga sebenarnya ngga masalah, saya pakai uang. Cuma karena teman-teman petani ini, maunya mobil ya sudah, bayarnya pakai mobil saja. Kebetulan ada mobil ya sudah," tambah Deni.

Adalah Engkus Sutisna, pedagang tanaman hias di pasar tanaman hias Minaqu Jungle Fest yang dan mendapat mobil milik Deni. Pria yang biasa disapa Sutisna ini awalnya hanya bercanda dan mengajak menukar tanaman hias miliknya dengan mobil Deni. Namun nyatanya, Deni bersedia menukar mobilnya.

"Awalnya bercanda saja, ini sama om Cimrin (Deni) ini, katanya dia bilang bisa ditukar mobil ini. Terus saya bilang, gimana baiknya saja ya gitu. Pas om Deni ke rumah, terus pilih-pilih bunga, eh dia bilang boleh ga ditukar mobil. Jadinya begini lah (tanaman hias tukar mobil)," kata Sutisna ditemui di lapaknya.

Sutisna menyebut, ada 8 pot tanaman hiasnya yang ditukar dengan mobil. Tanaman hias itu, kata Sutisna, dihargai Rp 150 juta. Tanaman itu antara lain Janda Bolong, Monstera Marmorata, dan Philodendron dan kabel busi Bilitae.

"Saya hargain 150 juta. Totalnya ada 8 pot, 1 pohon kabel busi varigata, 1 pohon marmorata, 2 pot pohon klobe dan 4 pot janda bolong," beber Sutisna.

(mud/mud)