Dahsyatnya Puting Beliung yang Pernah Terjadi di Jawa Barat

Siti Fatimah - detikNews
Kamis, 21 Jan 2021 13:59 WIB
Puting Beliung di Situ Patenggang
Puting beliung yang pernah terjadi di Situ Patenggang. (Foto: istimewa)
Bandung -

Baru-baru ini kejadian bencana alam puting beliung sempat terjadi di berbagai wilayah Indonesia. Terbaru di Waduk Gajah Mungkur, Wonogiri, Jawa Tengah, dan di Jawa Barat di Pasirkuda, Cianjur, di mana puting beliung disertai dengan hujan es.

Kejadian puting beliung di Jawa Barat cukup sering terjadi. detikcom mencatat 13 kejadian puting beliung yang menerjang berbagai daerah di Jawa Barat. Berikut rangkumannya:

1. Puting Beliung di Situ Patenggang

Di akhir tahun 2019, warga dihebohkan dengan angin puting beliung yang terjadi di Situ Patenggang, Rancabali, Kabupaten Bandung, tepatnya pada Jumat (20/12/2019) pukul 11.30 WIB. Sama seperti di Waduk Gajah Mungkur, BMKG menyebut puting beliung yang terjadi di air itu disebut waterspout.

Dari kesaksian pengelola Glamping Lakeside, durasi puting beliung yang terjadi cukup singkat. Dalam kejadian tersebut tidak ada kerusakan maupun korban jiwa.

2. Puting Beliung di Garut

Awal tahun 2020, puting beliung menerjang kawasan Cobatu dan Kecamatan Kersamanah, Garut, Kamis (16/1/2020) dengan durasi putaran angin sekitar 30 menit. Akibat bencana tersebut, 13 rumah mengalami kerusakan parah tersapu angin dan satu warga mengalami patah kaki karena tertimpa reruntuhan.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3