Banjir Bandang Puncak Bogor, Wagub Jabar Duga Ada Kerusakan Hulu Sungai

M Solihin - detikNews
Rabu, 20 Jan 2021 17:17 WIB
Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum menduga ada kerusakan di hulu sungai yang menyebabkan banjir bandang Bogor
Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum menduga ada kerusakan di hulu sungai yang menyebabkan banjir bandang Bogor (Foto: M Solihin)
Bogor -

Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mengatakan, ia belum mendapat jawaban dari Pemerintah Kabupaten Bogor terkait penyebab pasti terjadinya banjir bandang Gunung Mas Puncak Bogor. Namun ia menduga, banjir bandang terjadi karena kerusakan di kawasan hulu sungai.

"Saya bertanya pada pemerintah, beliau tidak bisa menjawab (apa penyebab banjir). Tetapi menurut kami, kenapa ada banjir yang datang begitu besar, mungkin saja tapi ini mungkin ya, karena adanya kerusakan di hulu sungai," kata Uu usai mengunjungi pengungsi banjir bandang di Gunung Mas Puncak Bogor, Rabu (20/1/2021).

"ya biasanya air turun dari langit kemudian ditampung di daerah tersebut, namun karena satu hal sehingga airnya langsung ke bawah, dan melimpah airnya begitu besar. Kemudian, tersumbat karena ada longsoran, kemudian jebol akhirnya terjadi banjir bandang. Dan Jawa Barat kami harap ini yang terakhir bencana, karena kemarin-kemarin sudah terjadi di sumedang garut dan lain-lain," tambahnya.

Seperti diketahui Uu bersama Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto mengunjungi pengungsi korban banjir bandang yang kini menempati vila-vila di dalam kawasan Agro Wisata Gunung Mas Puncak.

Selain memberikan bantuan, keduanya juga mengingatkan pengungsi untuk tetap menjalankan protokol kesehatan seperti memakai masker dan menjaga jarak.

Uu menyebut, sejauh ini penanganan pengungsi di lokasi banjir bandang Gunung Mas Puncak Bogor relatif baik. Pengungsi, kata Uu, ditempatkan di tempat yang representatif.

"Tempat penampungan pengungsi cukup representatif, ya. Biasanya kita menampung pengungsi di GOR, mesjid dan tempat lain, disini karena ada vila, jadi pengungsiannya sangat refresentatif," sebut Uu di lokasi penampungan korban banjir bandang Gunung Mas Puncak Bogor, Rabu (20/1/2021).

Uu menyebut, Pemprov Jabar juga sudah melakukan pemetaan daerah bencana di Jawa Barat. Bencana alam yang terjadi, kata Uu, terjadi di titik-titik yang sama dengan titik bencana sebelumnya.

"Lokasi banjir sebenarnya di Jawa Barat itu daerahnya itu-itu juga yah, kayak Sukabumi, kemudian juga Garut, kemudian wilayah Jabar bagian priangan timur, seperti itu dan ini semua sebenarnya sudah kami petakan, cuma kami tidak bisa memprediksikan dimana dan kapan bencana itu terjadi," ungkap Uu.

"Tetapi secara global, wilayah Bogor ini seperti kita tahu karena lokasinya banyak pengunungan, dan juga situasi seperti ini sudah terprediksi sebenarnya. Apalagi kita sering rapat beberapa kali dengan BMKG, dan juga ini semua sudah terprediksi, mudah-mudahan tidak ada lagi bencana-bencana susulan," tambahnya.

(mud/mud)