Evaluasi Sepekan PPKM, Wabup Ciamis Klaim Masyarakat Taat Prokes

Dadang Hermansyah - detikNews
Rabu, 20 Jan 2021 17:16 WIB
Poster
Ilustrasi virus Corona (Ilustrator: Edi Wahyono)
Ciamis -

Pemkab Ciamis mengevaluasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang sudah dijalankan selama sepekan. Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra mengklaim tingkat kepatuhan masyarakat dalam melaksanakan protokol kesehatan (prokes) mengalami peningkatan.

Saat ini Ciamis masih berada pada zona merah Corona. PPKM ini diharapkan dapat mengembalikan Ciamis ke zona oranye hingga kuning.

"Gencarnya melakukan patroli, operasi yustisi dari tingkat kabupaten hingga desa, alhamdulillah masyarakat dan para pelaku usaha taat protokol kesehatan," ujar Yana di Sekretariat Satgas COVID-19 Ciamis, Jalan Ir H Juanda, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Rabu (20/1/2021).

Yana mengemukakan tingkat kesembuhan pasien Corona di Ciamis kini mengalami peningkatan. Ia menyebutkan pada awal sebelum PPKM angkanya 51 persen, sekarang setelah PPKM naik menjadi 76 persen.

"Tingkat hunian rumah sakit pun ada perbaikan, dari 100 persen atau full sekarang menjadi hanya 70 persen. Pada umumnya dari beberapa indikator Ciamis terus mengalami perbaikan," kata Yana.

Ke depan, Satgas COVID-19 Ciamis akan lebih gencar terhadap penegakan disiplin masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan. Sehingga angka penularan COVID-19 bisa ditekan.

"Tentunya protokol kesehatan cara yang harus dilakukan untuk mengatasi COVID-19. Semua pihak dari tingkat desa hingga kabupaten terus bergerak. Masyarakat pun harus turut ikut membantu pemerintah dengan taat anjuran pemerintah," ucap Yana menegaskan.

(bbn/bbn)