Selama PPKM Tangerang, 6 Restoran-Tempat Hiburan Didenda Rp 25 Juta

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Rabu, 20 Jan 2021 12:15 WIB
Poster
Ilustrasi (Foto: Edi Wahyono)
Tangerang -

Sejak diberlakukan Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pada 11 Januari, Satpol PP Kabupaten Tangerang telah memberikan sanksi denda enam restoran dan satu tempat hiburan yang melanggar protokol kesehatan. Mereka diberikan denda Rp 25 juta karena melanggar aturan protokol kesehatan.

"Sampai saat ini sudah 7 memberikan sanksi denda, itu setor ke kas daerah. Enam berupa restoran, satu tempat hiburan. Empat sudah bayar denda dan 3 sedang proses," kata Kasatpol PP Kabupaten Tangerang Bambang Mardi kepada detikcom, Tangerang, Rabu (20/1/2021).

Sanksi denda sendiri diberikan Rp 25 juta atau batas minimal sanksi untuk restoran dan tempat hiburan. Denda ini semata-mata untuk peringatan bagi usaha serupa agar tidak melanggar kebijakan protokol.

Restoran dan satu tempat hiburan ini ada di titik keramaian seperti di Gading Serpong, Kelapa Dua, Telaga Bestari dan kawasan Citra Raya. Penerapan sanksi denda dilakukan bahkan sejak adanya edaran bupati saat Natal dan Tahun Baru.

"Begitu PPKM lebih kencang lagi," tegasnya.

Selama PPKM, Satpol PP melakukan penindakan bersama TNi dan Polri. Khusus di tingkat kecamatan, ada satgas yang bekerja sendiri mulai dari Polsek dan Koramil. Penindakan dilakukan setiap hari selama PPKM untuk lokasi yang berpotensi ramai didatangi warga.

"Pembubaran setiap hari termasuk untuk PKL di pinggir jalan," jelasnya.

PPKM khusus di Banten berlaku untuk Tangerang Raya sejak 11-25 Januari. Aturan ini membatasi kegiatan mulai dari tempat hiburan, perkantoran hingga kapasitas tempat ibadah.

(bri/mud)