Kasus Corona Meningkat di Bandung, Oded: Sangat Mengkhawatirkan

Wisma Putra - detikNews
Rabu, 20 Jan 2021 11:59 WIB
Wali kota bandung oded m danial
Wali Kota Bandung Oded M Danial (Foto: Siti Fatimah/detikcom)
Bandung -

Pemkot Bandung tengah menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Proporsional. Namun nyatanya jumlah kasus positif aktif COVID-19 di Kota Bandung terus mengalami peningkatan.

Dari informasi yang dihimpun detikcom dari laman Pusicov Kota Bandung, hingga Rabu (20/1/2021), total kasus COVID-19 di Kota Bandung mencapai 7.274 atau bertambah 90 kasus dari sehari sebelumnya.

Kasus positif aktif mencapai 1.314 atau meningkat 62 kasus, sembuh 5.796 orang atau bertambah 27 orang, dan meninggal 164 bertambah 1 kasus dari sehari sebelumnya. "Hari ini kalau dilihat dari sisi perkembangan sangat mengkhawatirkan. Tapi ini bukan hanya di Kota Bandung, tapi terjadi di daerah lainnya," kata Oded di Pendopo Kota Bandung.

"Ini gelombang kedua," dia menambahkan.

Oded menyebut Tim Gugus Tugas dan jajaran samping sudah bersikeras melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan protokol kesehatan di lapangan. Pihaknya juga akan menyiapkan cara lain, agar dapat menekan penyebaran COVID-19.

"Saya sudah bilang ke pak Ema (Sekda), pekan ini harus secepatnya meng-upgrade lagi (evaluasi) apa yang harus kita lakukan ke depan," ujarnya.

Langkah baru, menurut Oded, harus dilakukan karena peningkatan kasus terus terjadi. "Kenapa? Karena memang di Kota Bandung yang terpapar semakin banyak, kemarin saja di pendopo rekan Mang Oded dari 50 ada 6 orang, walaupun OTG," ucapnya.

Soal apakah kebijakan PSBB Proporsional akan kembali dilanjutkan, Oded belum dapat memberikan keputusan karena harus melalui rapat terbatas bersama Forkopimda Kota Bandung. "Harus dirapatkan dahulu, kan nanti ada pandangan dari Forkopimda," kata Oded.

(wip/bbn)