Gempa M 3,5 Guncang Barat Daya Pangandaran

Yudha Maulana - detikNews
Selasa, 19 Jan 2021 18:07 WIB
Bandung -

Gempa tektonik berkekuatan magnitudo 3,5 terjadi di barat daya Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat pada Selasa (19/1) pukul 17.41 WB. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengumumkan, gempa bumi tersebut terjadi di barat daya Pangandaran.

Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Hendro Nugroho mengatakan gempa tersebut merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar dasar laut.

"Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Cibalong (Kab Garut), Cipatujah (Kab Tasikmalaya) dengan skala II - III MMI atau getaran dirasakan nyata di dalam rumah," tulis Hendro dalam pernyataan resmi BMKG.

Kendati begitu, keterangan tersebut dirilis, belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi. Hendro memastikan, hingga pukul 17.40 WIB tidak ada gempa susulan.

"Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," kata Hendro.

Sebelumnya, gempa bumi juga terpantau terjadi di wilayah laut tenggara Pangandaran pada Jumat (15/1) pukul 21.17. Gempa tersebut berkekuatan magnitudo 4,7.

(yum/mud)