Sungai Meluap, 7 Kecamatan di Cirebon Kebanjiran

Sudirman Wamad - detikNews
Senin, 18 Jan 2021 14:33 WIB
Banjir cirebon landa 7 kecamatan pada 18 januari 2021
Foto: istimewa
Cirebon -

Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, pada Minggu (17/1/202) sore hingga malam mengakibatkan sungai meluap dan tujuh kecamatan terendam banjir. Ketinggian air bervariasi, bahkan hingga 1 meter lebih.

"Penyebabnya intensitas hujan tinggi. Akibatnya, sejumlah sungai meluap. Awal total terdampak empat kecamatan, sekarang sedianya ada tujuh kecamatan (terdampak)," Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Cirebon Alex Suheriyawan kepada detikcom di Pendopo Bupati Cirebon, Jawa Barat, Senin (18/1/2021).

Alex mengatakan dari tujuh kecamatan yang terdampak, dua di antaranya masih belum surut yakni Kecamatan Panguragan dan Susukan. "Di dua kecamatan ini daya surutnya kurang baik. Kalau ketinggian ada yang mencapai 120 sentimeter," kata Alex.

Alex mengatakan petugas gabungan sempat mengungsikan warga yang terdampak banjir. Namun beberapa di antaranya sudah kembali ke rumah masing-masing lantaran banjir mulai surut. Sementara itu, lanjut Alex, di wilayah Kecamatan Panguragan masih ada beberapa warga yang mengungsi.

"Informasi terakhir di Panguragan ada 10 KK yang mendirikan tenda," kata Alex.

Alex menambahkan pihaknya mengaku telah berkoordinasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) terkait luapan sungai yang mengakibatkan banjir. "BBWS akan mengambil langkah progresif," kata Alex.

(ern/ern)