Update Korban Longsor Sumedang: 31 Orang Meninggal dan 9 Masih Dicari

Yudha Maulana - detikNews
Minggu, 17 Jan 2021 13:23 WIB
Pencarian korban tertimbun longsor di Sumedang terus dilakukan
Pencarian korban longsor di Cimanggung Sumedang. (Foto: Dony Indra Ramadhan/detikcom)
Sumedang -

Korban meninggal dunia dalam bencana longsor di Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, terus bertambah. Tim SAR gabungan kembali menemukan dua orang korban berjenis kelamin perempuan dalam operasi yang dilaksanakan pada Minggu (17/1/2021).

Penemuan dua orang korban tersebut, menambah jumlah korban meninggal dunia menjadi 31 orang dan 9 orang korban lainnya masih dalam pencarian.

"Tim SAR Gabungan kembali menemukan korban berjenis kelamin perempuan dalam keadaan meninggal dunia. Kedua korban dievakuasi menggunakan ambulans ke Posko DVI Polda Jabar di Puskesmas Sawah Dadap untuk dilakukan identifikasi," ujar Kepala Kantor SAR Bandung Deden Ridwansah dalam keterangan resminya.

Kedua korban tersebut ditemukan di sektor 1, yakni sektor hajatan dan lapangan voli. Sekadar diketahui, sejumlah saksi mengatakan terdapat banyak orang di area hajatan ketika bencana longsor datang pada Sabtu (9/1) petang. Diketahui, ketika itu tuan rumah hendak menggelar pesta pernikahan pada Minggu (10/1).

Sejumlah tamu pun datang dan keluarga calon pengantin tengah mempersiapkan jamuan dan tenda pernikahan. "Operasi SAR hari ke-9 difokuskan pada 2 sektor yaitu sektor 1 di rumah hajatan dan lapang voli serta sektor 2 di rumah terdampak pada longsoran pertama," kata Deden.

Adapun alat yang digunakan yaitu 3 Unit Excavator, Peralatan Ekstrikasi, Peralatan komunikasi, Peralatan medis dan APD Personal. Unsur SAR yang terlibat yaitu Basarnas Bandung, PUPR, BPBD Pov Jabar & Sumedang, TNI/POLRI, TIM DVI Polda Jabar, PMI Prov Jabar, Dinkes Sumedang dan Potensi SAR Jawa Barat dengan total personil 273 orang.

(yum/bbn)