Pencarian Korban Longsor Sumedang Diperpanjang 3 Hari

Muhammad Rizal - detikNews
Jumat, 15 Jan 2021 22:53 WIB
Pencarian korban longsor Cimanggung Sumedang diperpanjang 3 hari
Foto: Dokumentasi Basarnas
Sumedang - Basarnas memperpanjang upaya pencarian dan evakuasi korban bencana longsor di Dusun Bojong Kondang, Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, selama tiga hari ke depan. Hingga Jumat (15/1/2021), 16 warga masih tertimbun material longsor.

"Instruksi dari Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Marsekal Madya TNI Bagus Puruhito yang diterima melalui radiogram, operasi SAR diperpanjang sampai tiga hari ke depan," ujar Kepala Seksi Sumber Daya Kantor SAR Bandung, Iwan Ramdani, di Posko SAR, Jumat (15/1/ 2021) malam.

Iwan mengatakan jika selama tiga hari ke depan tidak juga ditemukan korban lainnya, pihaknya akan kembali merapatkan langkah selanjutnya dengan semua pihak.

"Kita akan lihat efektivitasnya, dan kita akan berembuk dengan stake holder dan Incident Crisis. Nanti akan dirapatkan kembali dan kalau memang diperlukan kembali perpanjangan, akan dikonsultasikan kembali ke Basarnas pusat," ucapnya.

Lebih lanjut Iwan menuturkan Tim SAR gabungan menemukan kendala saat proeses pencarian. "Hari ketujuh operasi pencarian cuaca sangat mendukung, namun proses pencarian terkendala oleh tumpukan material longsoran. Pencarian masih dipuasatkan di 4 sektor," tutur Iwan.

Iwan menambahkan, upaya pencarian korban yang tertimbun longsor hingga saat ini masih berlangsung.

"Pukul 19.00 WIB sudah dilanjutkan kembali operasi pencarian dengan menggunak excavator, dan rencananya akan dilakukan hingga pukul 23.00 WIB. Hingga saat ini korban yang sudah berhasil ditemukan masih 24 orang, dan 16 orang masih dalam pencarian," tuturnya. (ern/ern)