Penjelasan Pakar soal Barter Rumah Rp 500 Juta dengan Tanaman

Hakim Ghani - detikNews
Kamis, 14 Jan 2021 09:23 WIB
Seorang pecinta tanaman di Garut bikin heboh lantaran membarter rumah dengan tanaman. Kisah itu jadi perbincangan saat ini.
Warga Garut barter tanaman hias dengan satu rumah senilai Rp 500 juta. (Foto: Hakim Ghani/detikcom)
Garut -

Seorang warga Garut bernama Hidmat Syamsudin rela menukar satu rumahnya yang ditaksir bernilai Rp 500 juta dengan ratusan tanaman hias.

Aksi Hidmat itu kini menjadi perbincangan. Sebab, aksi barter antara tanaman dengan rumah seharga ratusan juta itu dianggap tak lazim.

Ai Yanti Rismayanti, dosen Fakultas Pertanian Universitas Garut, angkat bicara terkait hal tersebut. Ai menyebut hal itu bisa jadi murni bisnis.

"Ini bisa murni bisnis. Ada keyword barter rumah dengan puluhan tanaman hias," kata Ai, Kamis (14/1/2020).

"Walaupun tidak jelas apa saja yang masuk di daftar (tanaman) tersebut, lalu kemana pasarnya, tapi kalau jumlahnya puluhan bisa masuk akal. Karena tanaman hias untuk 1 pohon saja sebagai ornamen di rumah-rumah di Pondok Indah juga bisa berharga puluhan juta," ucap Ai menambahkan.

Ai menilai harga tanaman yang sangat fantastis dan terkadang cenderung tidak masuk akal ada kaitannya dengan market creator. "Harga yang sangat tinggi dan terkadang tidak masuk akal ada hubungannya dengan para market creator. Menjadi pihak ketiga di tengah-tengah penjual dan konsumen. Karena unik, langka dan lainnya," kata Ai.

Simak juga video '4 Tanaman Hias Ditukar Mobil Rp 100 Jutaan':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2