Satu Alat Berat Tambahan Diterjunkan untuk Cari Korban Longsor Sumedang

Muhamad Rizal - detikNews
Rabu, 13 Jan 2021 21:09 WIB
Pencarian korban tertimbun longsor di Sumedang terus dilakukan
Foto: Pencarian korban longsor di Sumedang (Dony Indra Ramadhan/detikcom).
Sumedang -

Satu unit excavator kembali didatangkan untuk mempercepat pencarian korban bencana longsor di Dusun Bojong Kondang, Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang.

Berdasarkan pantauan di lokasi, dengan penambahan tersebut, total ada tiga excavator yang difungsikan untuk proses pencarian korban yang diduga masih tertimbun material longsor.

"Hari ini ada satu unit excavator milik Kodim 0610 Sumedang dikirim ke lokasi kejadian untuk mempercepat pencarian," ucap Kepala Kantor SAR Bandung, Deden Ridwansyah ditemui di lokasi longsor, Rabu (13/1/2021).

Selain itu, kata Deden, pihaknya menyebut akan kembali mendatangkan dua unit excavator milik BBWS dan milik Pemkab Sumedang.

"Untuk mempercepat proses pencarian korban, total ada tambahan tiga excavator," katanya.

Deden menyebutkan, proses pencarian korban longsor akan terus dilakukan oleh Tim SAR gabungan dan akan mengacu pada waktu.

"Memang dari tadi sudah mendung, tapi mendung bukan berarti mau hujan. Mudah-mudahan cuaca mendukung kami semua dan semua korban bisa ditemukan," ujar dia.

"Sebelum Magrib kita istirahat. Kita bekali dulu dengan logistik, dan pukul 19.00 WIB kita lanjutkan kembali pencarian dengan alat berat," tuturnya.

Deden menambahkan, pihaknya belum bisa memastikan apakah pencarian korban longsor di Desa Cihanjuang akan diperpanjang kembali atau tidak.

"SOP di Basarnas itu pencarian korban dilaksanakan selama 7 hari. Setiap hari kita evaluasi, kalau korban masih banyak, nanti kami usulkan ke Kepala Basarnas untuk perpanjangan," ujar Deden.

(mso/mso)