Hari Pertama PPKM, Sejumlah Objek Wisata di Kuningan Masih Buka

Bima Bagaskara - detikNews
Senin, 11 Jan 2021 15:48 WIB
Hari pertama PPKM, masih ada objek wisata yang beroperasi di Kuningan
Hari pertama PPKM, masih ada objek wisata yang beroperasi di Kuningan (Foto: Bima Bagaskara)
Kuningan -

Kabupaten Kuningan mulai melakukan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pada Senin (11/1/2021). Dalam pemberlakuan PPKM tersebut, seluruh objek wisata diminta tutup total oleh Bupati Kuningan, Acep Purnama.

Hal itu disampaikan melalui surat edaran Bupati Kuningan tertanggal 8 Januari 2020 tentang pelaksanaan pembatasan kegiatan masyarakat dalam penanganan COVID-19.

Namun pantauan detikcom di lokasi objek wisata yang ada di Kecamatan Jalaksana, Kabupaten Kuningan, sejumlah objek wisata masih tetap buka dan menerima wisawatan.

Salah satu objek wisata yang masih buka ialah Wisata Cibulan di Desa Maniskidul Kecamatan Jalaksana. Di lokasi tersebut terlihat wisawatan masih datang berkunjung.

Slamet salah seorang pengelola Wisata Cibulan beralasan, Wisata Cibulan masih tetap buka karena pihaknya belum menerima surat edaran Bupati Kuningan secara resmi.

"Belum menerima edaran kalau sudah menerima baru tutup. Sekarang masih nunggu edaran dan hasil rapat di dinas dulu," kata Slamet saat diwawancarai wartawan.

Meski tetap buka, Slamet mengaku sudah mengetahui informasi jika hari ini seluruh objek wisata di Kabupaten Kuningan harus tutup hingga tanggal 18 Januari mendatang.

"Kalau informasi sudah tau tapi yang resminya belum dapat karena kita kan harus ngumumin juga ke pedagang dan yang kerja, jadi hari ini masih buka. Kalau besok lihat nanti hasil rapat dinas gimana," tandasnya.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kuningan Toto Toharudin melalui Kabid Ekonomi Kreatif dan Industri Pariwisata Ani Nurhayati menjelaskan, hari ini pihaknya memberikan toleransi kepada pengelola wisata yang masih tetap buka.

Hal itu dilakukan karena menurutnya masih ada pengelola wisata yang belum mendapat informasi mengenai penutupan objek wisata yang tertulis dalam surat edaran Bupati Kuningan.

"Untuk hari ini memang ada kebijakan masih boleh buka dan mulai tutup total itu besok. Tadi juga sudah sosialisasi dengan pengelola wisata supaya mereka memahami kebijakan pemerintah," ucap Ani saat dihubungi melalui sambungan telepon.

Dari 174 objek wisata di Kabupaten Kuningan kata Ani saat ini ada sebagian yang sudah mulai tutup. Objek wisata yang mulai tutup itu diantaranya ialah Waduk Darma dan Talaga Biru Cicerem.

"Hari ini masih toleransi lah, jadi ada sebagian yang tutup ada yang buka, kalau total objek wisata di Kabupaten Kuningan ada 174 tempat," pungkasnya.

(mud/mud)