Material Longsor Dibersihkan, Jalur Puncak Bogor Diberlakukan Buka Tutup

M Solihin - detikNews
Senin, 11 Jan 2021 13:49 WIB
Polisi memberlakukan buka tutup jalan di jalur puncak Bogor
Polisi memberlakukan buka tutup jalan di jalur puncak Bogor (Foto: M Solihin)
Bogor -

Material longsor yang sempat menutup Jalan Raya Puncak Bogor kini sudah dibersihkan. Namun, polisi masih memberlakukan sistem buka-tutup di lokasi longsor karena masih ada pengerjaan pemotongan pohon-pohon tumbang di lokasi longsor.

"Pagi tadi (material longsor) sudah terevakuasi dan kendaraan dari kedua arah sudah mulai dibuka," kata Kanit Turjawali Polres Bogor, Ipda Ardian Novianto, Senin (11/1/2021).

"Namun sampai dengan siang ini di tkp masih dilakukan buka tutup, karena masih merapihkan dan memotong pohon yang ada di pinggir tebing, khawatir ada longsor susulan sehingga pohon tidak tumbang ke jalan," kata Ardian menambahkan.

Ardian meminta pengendara, khususnya yang akan melintas di kawasan Puncak untuk tetap waspada, karena banyak titik rawan longsor di sepanjang Jalan Raya Puncak.

"Untuk saat ini bagi pengendara yang akan melintas di kawasan puncak, tetap berhati-hati dan waspada, mengingat cuaca yang tidak menentu serta curah hujan yang cukup tinggi. Sehingga karakteristik jalur puncak dengan banyak tebing, rawan terjadi bencana tanah longsor," kata Ardian.

Diberitakan sebelumnya, bencana tanah longsor terjadi di kawasan riung gunung, Puncak, Bogor, Senin (11/1/2021) dinihari.
Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun longsor mengakibatkan Jalan Raya Puncak ditutup total karena material longsor menutup badan jalan.

"Iya betul, longsor di kawasan Puncak, di sekitar Riung Gunung, Puncak. Longsor menutup jalan, sampai saat ini jalan raya puncak masih ditutup," kata Kepala Badan Penanganan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, Muhamad Adam, Senin (11/1/2021) pukul 07:30 WIB.

Adam mengatakan, longsor terjadi pada malam tadi. Tebing di sekitar riung gunung dan berada di sisi Jalan Raya Puncak, ambrol. Material longsor, lanjut Adam, kemudian menutup jalan sehingga tidak bisa dilalui kendaraan.

"Kejadiannya semalam. Saat kejadian tidak hujan, namun di atas longsoran itu terdapat aliran air dan mata air tempat warga biasa ambil air. Patut diduga aliran air tersumbat sehingga meluap," kata Adam, Senin (11/1/2021).

Simak video 'Longsor di Jalur Puncak Bogor, Kendaraan Dialihkan':

[Gambas:Video 20detik]



(mud/mud)