ADVERTISEMENT

Danrem Surya Kencana Instruksikan Kodim Kawal Distribusi-Pelaksanaan Vaksin

Ismet Selamet - detikNews
Jumat, 08 Jan 2021 16:06 WIB
The doctor prepares the syringe with the cure for vaccination.
Ilustrasi (Foto: iStock)
Cianjur -

Komandan Korem (Danrem) 061/Surya Kancana Brigjen TNI Achmad Fauzi menginstruksikan setiap Kodim di bawahnya untuk ikut mengawal pendistribusian hingga pelaksanaan pemberian vaksin COVID-19.

"Sesuai dengan Perpres nomor 99 tahun 2020, TNITNI-Polri terlibat mulai dari pengiriman, pendistribusian, hingga pelaksanaan vaksinasi," ujar dia saat ditemui di Kodim 0608 Cianjur, Jalan Siliwangi, Jumat (8/1/2021).

Menurutnya setiap Kodim di bawah Korem 061 sudah diinstruksikan untuk menyiapkan 2 pleton pasukan untuk mengawal pengiriman dan pendistribusian vaksin.

"Kodim Cianjur sudah siap 2 pleton pasukan. Kami siapkan dua pleton di Kodim kabupaten dan Kota Bogor, serta Kodim di kabupaten dan kota Sukabumi untuk pengamanan di tempat hingga pelaksanaan vaksinasi," paparnya.

Dia mengimbau masyarakat tidak perlu khawatir dengan vaksin, sebab sudah menjalani uji klinis serta tidak mengandung unsur babi.

Selain itu, lanjut dia, di tahap awal ini vaksin akan disuntikan pada tenaga medis, dan dilanjutkan pada pegawai pemerintahan serta TNI-Polri. Sehingga masyarakat bisa melihat langsung efeknya nanti.

"Sebelum masyarakat, nakes hingga kami dari unsur TNI akan terlebih dulu disuntik vaksin. Jadi bisa dilihat nanti efeknya seperti apa. Makanya tidak perlu khawatir," kata dia.

Ia menambahkan, selain bergantung pada vaksin masyarakat tetap diminta mematuhi protokol kesehatan, dengan menggunakan masker dan tidak berkerumun.

"Momen libur panjang kemarin menjadi penyumbang meningkatnya kasus saat ini. Makanya kami harap semua menahan diri, tidak berkerumun dan selalu menggunakan masker saat beraktivitas di luar," pungkasnya.

Sementara itu, Dandim 0608 Cianjur Letkol Kav Ricky Arinuryadi, mengatakan Kodim sudah menyiapkan sejumlah personel TNI yang akan bertugas menjaga keamanan dan ketertiban vaksinasi COVID-19.

Bahkan pihaknya akan menempatkan anggota untuk berjaga di sejumlah rute perjalanan di setiap titik tempat vaksinasi.

"Kita siapkan dua SST sebanyak 50 orang," jelasnya.

"Intinya harapan kami, masyarakat Cianjur bisa menyambut baik dan mendukung terselenggaranya program vaksin ini," pungkasnya.

(mud/mud)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT