Abu Bakar Ba'asyir Swab Antigen Jelang Bebas, Hasilnya Negatif COVID-19

Wisma Putra, M Sholihin - detikNews
Kamis, 07 Jan 2021 18:39 WIB
Terpidana kasus terorisme Abu Bakar Baasyir
Foto: Ari Saputra
Bogor -

Abu Bakar Ba'asyir sudah menjalani swab antigen di Lapas Kelas IIA Gunungsindur jelang hari kebebasannya, Jumat (8/1/2021) besok. Hasilnya negatif COVID-19.

"Kondisi Abu Bakar Baasyir secara umum sehat, hanya memang beliau itu kan ada alergi, gatal-gatal semacam itu, dan itu sudah diketahui oleh tim pengacara dan keluarga. Rapid antigen juga sudah dilakukan, kemarin (Rabu, 6/1/2021), hasilnya negatif," kata Kalapas Gunungsindur, Mujiarto, Kamis (7/1/2021).

Mujiarto menyebut, Abu Bakar Ba'asyir rencananya akan dijemput oleh pihak keluarga dan tim pengacara. Untuk memantau kondisi kesehatannya, pihak keluarga dan tim pengacara akan melibatkan tim medis.

"Informasinya yang akan jemput itu keluarga, tim pengacara, dan ada juga tim medis. Mungkin untuk kontrol kondisi kesehatan beliau ya," kata Mujiarto.

"Untuk yang akan jemput harus bawa surat keterangan hasil rapid antigen, tentunya dengan hasil negatif covid," imbuhnya.

Mujiarto berharap, tidak ada kerumunan di sekitar Lapas Gunungsindur jelang kebebasan Abu Bakar Ba'asyir. Ia mengimbau agar jamaah atau pendukung Abu Bakar Baasyir cukup mengiringi perjalanan Abu Bakar Baasyir dengan berdoa di rumah masing-masing.

"Tentunya kita berharap tidak ada kerumunan ya ketika Abu Bakar Baasyir keluar. Karena ini kan masih pandemi, dan ada imbauan juga kan dari Bupati Bogor, agar tidak berkerumun. Sebaiknya kita taati itu," sebut Mujiarto.

"Kita berharap tidak ada kerumunan ya, saat pembebasan. Tidak perlu lah datang, untuk jamaah atau siapa. Cukup doakan saja, semoga Abu Bakar Baasyir selamat sampai kediamannya," tambah Mujiarto menegaskan.

Mujiarto melanjutkan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait menjelang kebebasan Abu Bakar Baasyir.

"Untuk pengamanan di dalam lapas kita memang ada, selalu kan itu, ya ekstra tentunya. Kita juga sudah berkoordinasi, kita sudah berkirim surat kepada stockholder lain, kita sudah bersurat ke Densus 88, bersurat ke BNPT, Polres, Kodim, termasuk gugus tugas," kata Mujiarto.

Pada hari terakhir, Mujiarto sempat sedikit berbincang dengan Abu Bakar Ba'asyir, namun hanya obrolan ringan saja.

"Ngobrolnya normatif, selayaknya orang tua kepada yang lebih mudalah. Artinya normatif beri pesan, kalau menjadi aparat jadi aparat yang baik," ungkapnya.

Ia juga mendoakan, setelah dinyatakan bebas Abu Bakar Ba'asyir tetap sehat.

"Saya mendoakan agar beliau tetap sehat saja," pungkasnya.

(ern/ern)