Gedung Secapa AD Bandung Disiapkan Jadi RS Darurat COVID-19

Yudha Maulana - detikNews
Kamis, 07 Jan 2021 13:59 WIB
Poster
Ilustrasi penanganan pasien COVID-19 (Ilustrator: Edi Wahyono)
Bandung -

Satgas Penanganan COVID-19 Jawa Barat akan menjadikan Gedung Secapa TNI di Hegarmanah, Kota Bandung, menjadi rumah sakit darurat COVID-19. Pasalnya, tingkat keterisian ruang isolasi bagi pasien COVID-19 di Jabar telah mencapai 79 persen per 6 Januari.

Ketua Divisi Penanganan Kesehatan Satgas COVID-19 Marion Siagian mengatakan gedung milik Secapa itu akan dipersiapkan dengan kapasitas 200 tempat tidur. "Ini sedang kita siapkan Secapa jadi rumah sakit darurat. Kapasitasnya hampir 200 tempat tidur," ujar Marion saat ditemui meninjau gudang vaksin COVID-19, Rabu (6/1/2021).

Untuk tenaga medis yang bertugas di sana, Marion mengatakan akan dibantu dari tenaga medis dari RS TNI Dustira dan relawan. "Nanti SDM-nya dari TNI, RS Dustira dan relawan," kata Marion.

Selain Secapa AD, Satgas COVID-19 juga tengah mempersiapkan Wisma Haji Bekasi sebagai salah satu rumah sakit darurat. Untuk Wisma Haji Bekasi ini, nantinya akan diperkuat oleh tenaga medis seperti relawan dokter dan perawat dari BNPT. "Kan ada juga yang sudah dipakai di RS pemerintah, mereka ada pergantian shift juga," ucap Marion.

Tingkat keterisian ruang isolasi di Jabar kini berada di atas 78 persen. "Kami sudah mendapatkan penjelasan bed occupancy rate sudah di atas 78 persen. Angka itu perlu jadi perhatian terutama perhatian pusat," ujar Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Doni Monardo usai mengikuti rapat koordinasi penanganan COVID-19 di Makodam III Siliwangi, Jalan Aceh, Kota Bandung, Senin (28/12).

Doni juga turut menyampaikan pesan dari Presiden Joko Widodo. Menurutnya, presiden mengingatkan agar tak ada daerah yang kesulitan dalam penanganan COVID-19 ini.

"Presiden memberi arahan ke komite, mengingatkan daerah dan tidak boleh ada daerah yang kesulitan," kata Doni.

Di sisi lain, Doni menyambut baik dukungan dari instansi lain untuk penanganan COVID-19 di Jabar. Menurutnya, ada bantuan dari TNI yang mengizinkan penggunaan fasilitas TNI yang ada di Jabar untuk ruang isolasi.

Ada tiga lokasi yang diberikan pihak TNI untuk penanganan COVID-19 yakni di wisma atlet di Gunung Bohong Cimahi, Dodik Bela Negara di Lembang dan Secapa AD.

Simak juga video 'Kriteria Orang yang Tak Bisa Terima Vaksin COVID-19':

[Gambas:Video 20detik]



(yum/bbn)