Terpisah dari Rombongan, Seorang Pemburu Hilang di Gunung Gede

Syahdan Alamsyah - detikNews
Selasa, 05 Jan 2021 15:55 WIB
Taman Nasional Gunung Gede Pangrango
Foto: Ismet Selamet/detikcom
Sukabumi -

Seorang pemburu bernama Abdi Abdillah dikabarkan hilang di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP), Kampung Pakauman, Desa Wangun Jaya, Kecamatan Ciambar, Kabupaten Sukabumi, Senin (4/1/2021) kemarin. Tim SAR gabungan tengah melakukan pencarian.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, tim menemukan jejak-jejak korban hilang di pinggiran semak dekat aliran sungai.

"Tim dan relawan hingga hari ini masih bergerak, korban hilang ini lepas dari rombongan dan saat ini tim baru menemukan jejak saja," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sukabumi Anita Mulyani, Selasa (5/1/2021).

Berdasarkan catatan kronologi yang diberikan Anita, rombongan pemburu babi itu masuk ke kawasan TNGGP didampingi oleh warga setempat. Mereka masuk sekitar pukul 09.00 WIB, pada Minggu (3/1/2021).

"Rombongan memperkirakan Abdi (orang hilang), hilang komunikasi sekitar pukul 11.00 WIB. Rombongan langsung melakukan pencarian awal sampai pagi tanggal 4 Januari 2021. Masyarakat sekitar lantas melaporkan hal itu ke pihak pengelola TNGGP," jelas Anita.

Informasi yang masuk orang hilang tersebut adalah anggota rombongan pemburu babi yang diduga masuk melalui Blok Tangkil. "Petugas BPBD bergabung dengan relawan dan tim SAR di lokasi, mudah-mudahan proses pencarian berjalan lancar," ujar Anita.

(sya/mso)