Eksis di Medsos, Kolonel Marinir Gadungan di Sukabumi Diamankan

Syahdan Alamsyah - detikNews
Minggu, 03 Jan 2021 19:57 WIB
Sukabumi -

Marinir gadungan kembali diamankan tim gabungan dari Pos AL Palabuhanratu, Lanal Bandung, Kodim 0622 dan Puslatpur Marinir Antralina. Marinir gadungan berpangkat kolonel itu tercium setelah sengaja memposting foto-foto di media sosial Instagram.

Informasi yang diperoleh detikcom, Marinir gadungan berpangkat kolonel itu diketahui bernama Randi Yovana pria berusia 21 tahun. Dia diamankan di kediamannya Kampung Babakan RT 09 RW 04 Desa/Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi.

"Kami mendapat informasi, kemudian tim gabungan bergerak dan mengamankan pria yang mengaku anggota Marinir. Ia (pangkatnya) Kolonel Marinir hampir Jendral itu," kata Danposal Palabuhanratu Peltu Ayi Jalaludin kepada detikcom, Minggu (3/1/2021).

Marinir gadungan itu sempat dibawa ke Markas Koramil 2205 Kalapanunggal untuk dimintai keterangan. Saat ini personel TNI masih melakukan pendalaman terkait sepak terjang pria tersebut.

"Sudara Randi ini sering ber-selfi degan mengenakan pakaian seragam TNI dan upload di medsos dan kepada teman-teman selalu mengaku bahwa dirinya seorang Perwira TNI berpangkat Kolonel Marinir," jelas Peltu Ayi.

Dari tangan pelaku, petugas mengamankan baju PDL loreng TNI, Celana loreng TNI, sabuk marinir, kaos loreng marinir dan kartu identitas Randi.

"Masih kita periksa, kita dalami lagi keterangan yang bersangkutan. Termasuk kemungkinan ada pihak yang dirugikan," ujar Peltu Ayi.

Sebelumnya, petugas gabungan juga mengamankan pria bernama Sarif (39) marinir gadungan yang diamankan di rumah perempuan yang baru dinikahinya di Kecamatan Ciemas. Sarif diketahui merupakan warga Kalibaru, Jakarta Utara.

(sya/mso)