Warga Nekat Masuk Alun-Alun Bandung, Petugas Turun Membubarkan

Siti Fatimah - detikNews
Kamis, 31 Des 2020 22:28 WIB
Warga nekat masuk ke kawasan Alun-alun Bandung.
Foto: Warga nekat masuk ke kawasan Alun-alun Bandung (Siti Fatimah/detikcom).
Bandung -

Tak sampai tengah malam, beberapa warga nekat masuk ke area Alun-alun Kota Bandung dari arah Jalan Dalem Kaum. Terlihat ada beberapa titik parkir kendaraan berdekatan dengan road barrier batas penutupan jalan.

Dari pantauan detikcom, sekitar puluhan warga yang berkelompok antara dua orang hingga delapan mulai masuk area Alun-alun pukul 21.00 WIB. Mereka mulai berswafoto hingga sekedar nongkrong di sekitar jalan yang dikosongkan.

Sesekali, masyarakat yang datang melepaskan masker hingga tidak menjaga jarak. Sedangkan yang lain, sekedar nongkrong di trotoar dengan pedagang kaki lima yang masih berjejer di Jalan Dalem Kaum.

Selang 30 menit kemudian, pasukan Satgas II Preventif mulai menginfeksi kerumunan tersebut. Dengan menggunakan mobil Raisa dan motor, polisi mulai mengimbau melalui pengeras suara dan menyisir warga dari area Alun-alun dan sekitarnya.

"Kepada seluruh masyarakat, yang masih berada di area silahkan segera tinggalkan tempat ini. Segera tinggalkan. Mari kita sama-sama menjaga agar virus COVID-19 tidak semakin menyebar di Kota Bandung," suara salah satu petugas.

Dalam imbauan tersebut, petugas nampaknya cukup jengkel karena sudah ada imbauan sejak sore pukul 17.00 WIB. "Sudah diimbau dari tadi sore, kenapa masih saja datang ke sini. Sekali lagi kami ingatkan kepada seluruh warga Bandung segera tinggalkan tempat ini," ujarnya.

"Silahkan yang berada di Jalan Dalem Kaum. Mari sama-sama bantu untuk menghentikan penyebaran COVID-19. Sekali lagi kami ingatkan mari kita introspeksi selama tahun 2020 bukan jalan-jalan seperti ini, bukan zamannya lagi membuang-buang waktu," tambah petugas Polisi yang berada di balik pengeras suara.

Tak hanya masyarakat yang berjalan kaki, petugas juga meminta agar kendaraan yang terparkir segera untuk meninggalkan tempat. "Silahkan yang masih parkir di seputar area Alun-alun segera tinggalkan. Tolong satpol PP, ini yang jualan tolong segera ditutup," pungkasnya.

Sebelumnya, Kasatgas II Preventif Sutorih mengatakan,para petugas gabungan dari TNI, Polisi dan Satpol PP akan bersiaga di Alun-alun dan Asia Afrika hingga menjelang pergantian tahun.

"Akan berlangsung sampai pagi. Jadi tidak ada lagi jam 01.00 jam 02.00 mereka datang. Kita standby sampai Kota Bandung benar-benar aman dan kondusif," kata Sutorih kepada detikcom.

(mso/mso)