Cegah Kerumunan, Wisata Alam di Lembang Ditutup saat Perayaan Tahun Baru

Whisnu Pradana - detikNews
Kamis, 31 Des 2020 18:18 WIB
Kawasan Lembang, Bandung Barat.
Foto: Kawasan Lembang, Bandung Barat (Whisnu Pradana/detikcom).
Bandung Barat -

Objek wisata Gunung Putri di Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), ditutup sehari sejak Kamis (31/12/2020) sore sampai Jumat (1/1/2021) pagi.

Penutupan tersebut dilakukan agar tidak ada aktivitas keramaian pada perayaan pergantian tahun baru sesuai maklumat dari Kapolri dan surat edaran Pemerintah Kabupaten Bandung Barat.

"Untuk saat ini Gunung Putri kita tutup sampai besok pagi agar tidak kerumunan saat pergantian tahun baru sesuai arahan Kapolri, Gubernur, dan Bupati," ungkap Administratur Perhutani Kawasan Pemangkuan Hutan (KPH) Bandung Utara Komarudin saat dihubungi detikcom.

Saat ini kawasan camping ground di Gunung Putri Lembang sudah sepi dari wisatawan. Wisatawan yang datang pada pagi dan siang hari diminta untuk pulang sebelum pukul 17.00 WIB.

"Jadi sudah kita pulangkan semua sebelum jam 5 sore, sekarang di atas sudah tidak ada wisatawan," kata Komarudin.

Wisatawan yang hendak berkemah atau hiking diarahkan untuk datang lagi Jumat pagi. Mengingat penutupan dilakukan hanya pada perayaan pergantian tahun baru saja.

"Untuk yang mau camping kita jadwalkan ulang, kebanyakan reschedule besok karena besok kan masih libur tahun baru," tuturnya.

Selain Gunung Putri, objek wisata alam di wilayah Perhutani Bandung Utara yang ditutup menjelang perayaan pergantian tahun baru di antaranya Pal 16, Puncak Bintang, dan Batu Kuda.

"Biasanya tiap tahun wisata alam itu yang ramai dikunjungi, tapi di saat pandemi ini ditutup sehari. Harapannya tidak ada perayaan pergantian tahun baru," tandasnya.

(mso/mso)