Pantai Sawarna dan Alun-alun Lebak Ditutup Selama Perayaan Tahun Baru

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Kamis, 31 Des 2020 13:47 WIB
Pantai Sawarna Lebak, Banten.
Foto: Pantai Sawarna Lebak, Banten (Bahtiar Rifa'i/detikcom).
Lebak -

Dinas Pariwisata Kabupaten Lebak menutup seluruh objek wisata termasuk pantai Sawarna, wisata negeri di atas awan Gunung Luhur saat Tahun Baru. Bahkan ruang publik Alun-alun Lebak dan Balong Ranca Lentah yang jadi tempat nongkrong kaula muda dan wisata kuliner ditutup untuk menghindari kerumunan.

"Pariwisata di Lebak semua tutup sampai tanggal 4 Januari 2021. Sawarna tutup, Gunung Luhur tutup pokoknya semua ditutup. Termasuk area Alun-alun Lebak dan Balong," kata Kepala Dinas Pariwisata Lebak Imam Rismahayadin kepada detikcom di Lebak, Banten, Kamis (31/12/2020).

Imam menerangkan bahwa tidak ada alasan untuk membuka objek wisata dan pusat keramaian selama pandemi Corona. Apalagi, kasus terpapar di Lebak semakin hari semakin meningkat dan jumlah tertular lebih dari 7 ratus orang.

Selain itu, berdasarkan edaran Pemprov Banten bahwa PSBB diperpanjang sampai 21 Januari 2021. Ditambah bahwa bupati Lebak pun mengambil kebijakan serupa hingga 4 Januari.

Penutupan objek wisata dan pusat keramaian selama Tahun Baru pun diatur dalam dalam maklumat Mabes Polri dan maklumat Polres Lebak. Yang terbaru, ada surat langsung dari gubernur Banten untuk tidak ada perayaan, pesta petasan di seluruh wilayah.

"Dan juga mengingat gugus tugas mengatakan yang terkonfirmasi sudah masuk angka tujuh ratus orang lebih," jelasnya.

Untuk Alun-alun Lebak dan Balong Ranca Lentah yang biasa jadi tempat nongkrong, Pemkab dan polisi menutup lokasi ini pada hari ini pukul 18.00 WIB sampai 1 Januari pukul 01.00 WIB . Akses ke kedua lokasi ini ditutup dan mendapatkan penjagaan ketat dari kepolisian.

"Jadi yang mau akses ke alun-alun dan Balong yang biasa jadi tempat nongkrong kaula muda ditutup," pungkasnya.

(bri/mso)