Jabar Berpotensi Diguyur Hujan Disertai Angin saat Malam Tahun Baru

Siti Fatimah - detikNews
Kamis, 31 Des 2020 09:13 WIB
Ilustrasi hujan lebat
Foto: Ilustrasi hujan lebat (iStock/Willowpix).
Bandung -

BMKG memprediksi wilayah Jawa Barat (Jabar) akan diguyur hujan mulai pagi ini hingga malam pergantian dari tahun 2020 ke tahun 2021 nanti.

Dalam rilis resmi yang diterima detikcom, Kamis (31/12/2020), BMKG memprakirakan pagi ini wilayah Sukabumi, Cianjur, Pangandaran, Banjar, dan Ciamis akan berawan dan diguyur hujan ringan.

Pada siang hingga sore nanti, seluruh wilayah Jawa Barat secara umum akan diguyur hujan ringan hingga sedang. Sementara hujan lebat diprakirakan terjadi di Cianjur, Garut, Tasikmalaya, Pangandaran, Banjar, Ciamis, Kuningan, Cirebon, Majalengka, Indramayu, Subang, dan Sumedang.

Potensi hujan lebat tersebut diprakirakan akan berlanjut hingga malam hari. Untuk itu, masyarakat diharapkan waspada. BMKG juga mengeluarkan peringatan dini hujan disertai kilat dan angin kencang pada siang, sore hingga malam.

"Peringatan dini waspada potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada siang dan sore hingga malam hari di wilayah di Cianjur, Garut, Tasikmalaya, Pangandaran, Banjar, Ciamis, Kuningan, Cirebon, Majalengka, Indramayu, Subang, dan Sumedang," tulis BMKG Jawa Barat dalam siaran pers-nya yang diterima detikcom.

BMKG juga mencatat hembusan angin bergerak dari arah barat daya hingga barat laut dengan kecepatan 5-35 kilometer per jam. Suhu udara wilayah Jabar bagian utara berada di angka 18-32 derajat celcius dan lebih hangat di wilayah selatan dengan angka 23-33 derajat celcius.

Pihaknya juga mencatat prakiraan gelombang tinggi di perairan Jabar. Untuk sebelah utara, ketinggian gelombang diperkirakan mencapai 0,50-0,80 meter. Sedangkan di perairan selatan lebih tinggi yaitu di angka 2,00-3,00 meter. Warga yang tinggal di pesisir diharapkan berwaspada.

(mso/mso)