Kiai di Cirebon Lelang Motor Antik, Maharnya Puasa Senin-Kamis Setahun

Sudirman Wamad - detikNews
Rabu, 30 Des 2020 13:57 WIB
Kiai di Cirebon lelang motor antik dengan mahar puasa sunah
Kiai di Cirebon lelang motor antik dengan mahar puasa sunah (Foto: Istimewa)
Cirebon -

Pengasuh pondok pesantren (Ponpes) Bina Insan Mulia KH Imam Jazuli melelang motor antiknya, Honda 70. Uniknya, kiai asal Kabupaten Cirebon, Jawa Barat itu tak meminta mahar uang bagi yang ingin memiliki motor antiknya. Tapi, maharnya puasa sunah Senin-Kamis selama satu tahun.

Imam Jazuli mengunggah lelang motor antiknya itu di Facebook pada Selasa (29/12/2020). Unggahannya itu viral di media sosial. Sekitar 64 pengguna lainnya ikut membagikan. Banyak yang tertarik untuk mengikuti lelang motor antik berpelat nomor E 5207 B itu. Dalam unggahannya itu, Imam Jazuli menyebut motor antiknya merupakan barang bersejarah perjuangan hidupnya. Motor tersebut diproduksi pada 1976.

"Sahabat FB yang saya hormati, motor Honda 70 ini salah satu legenda pesantren Bina Insan Mulia yang setia menemani saya selama ini, perjalanan pendek (Kecamatan Dukupuntang) saya selalu menggunakan motor keluaran 1976 ini. Banyak yang tertarik dan ingin memiliki motor antik ini, bahkan sering dipakai selfie publik, istimewanya biar pun tua tapi mesinnya handal, namun sudah saatnya motor ini saya lepas dan ganti pemilik," tulis Imam Jazuli dalam unggahannya itu.

"Maka, Siapapun sahabat FB yang berminat memiliki motor ini dipersilakan untuk mengambil ke Pesantren Bina Insan Mulia besok lusa, syaratnya; yang akan memiliki motor ini harus memiliki tekad dan bersedia puasa sunah tiap Senin dan Kamis (niat karena Allah) selama satu tahun penuh, mulai kamis besok, tapi kalau tidak selesai (batal) mohon kembalikan lagi ke sini dan akan digantikan yang lain, yang bersedia," tulis Imam Jazuli menambahkan keterangan unggahannya itu.

Imam Jazuli menambahkan santri, pengasuh dan alumni Ponpes Bina Insan Mulai dilarang mengikuti lelang motor antik. Ia juga menyantumkan nama seorang pengurus Ponpes Bina Insan Mulia dan kontaknya, Ustaz Tarno yang menangani proses sayembara atau lelang.

Saat dihubungidetikcom,Tarno membenarkan adanya lelang motor antik tersebut. "Sudah ada 40 orang yang ikut. Kita sudah buat grup untuk yang ikut lelang. Tidak ada persyaratan untuknawar atau beli. Syaratnya berpuasa, niat karena Allah," kata pengurus Ponpes Bina Insan Mulia UstazTarno saat dihubungidetikcom melalui sambungan telepon seluler, Rabu (30/12/2020).

Selanjutnya
Halaman
1 2