Larang Warga Pesta Tahun Baru, Bupati Sukabumi: Mari Tetap di Rumah

Syahdan Alamsyah - detikNews
Rabu, 30 Des 2020 13:24 WIB
Bupati Sukabumi Marwan Hamam
Foto: Bupati Sukabumi Marwan Hamami (Syahdan Alamsyah/detikcom).
Sukabumi -

Bupati Sukabumi Marwan Hamami mengimbau warganya untuk tidak merayakan malam tahun baru. Dia meminta agar warga tetap berada di rumah demi mencegah penyebaran COVID-19.

Selain itu, dia mengajak masyarakat untuk lebih peduli dan membantu warga yang mengalami kesulitan di tengah pandemi COVID-19 ini. Hal itu dirasa akan lebih bermanfaat ketimbang menggelar pesta perayaan tahun baru.

"Bagi warga Kabupaten Sukabumi untuk tidak merayakan pergantian tahun dengan pesta pora, membakar kembang api dan petasan atau mengadakan kegiatan yang sifatnya mubazir. Lebih baik dimanfaatkan untuk membantu saudara kita yang sedang kesulitan ekonomi akibat dampak dari COVID-19 atau bisa dengan membantu yatim piatu dan pembangunan rutilahu," kata Marwan kepada detikcom, Rabu (30/12/2020).

Marwan menyebut tahun baru kali ini berbeda dengan tahun tahun sebelumnya. Semua dibatasi untuk berkumpul dan melakukan perayaan besar. Ia juga meminta masyarakat untuk tetap di rumah dan berkumpul bersama keluarga.

"Tahun baru kali ini mari kita tetap di rumah, manfaatkan momen bersama keluarga inti. Bermunajat dan berdoa kepada Allah SWT agar pamdemi COVID-19 ini cepat pergi. Saya mengajak mari kita sambut tahun baru dengan kondisi normal baru dengan diam di rumah, menjalankan protokol kesehatan," paparnya.

Marwan juga mengingatkan bahwa COVID-19 tidak berpindah dengan sendirinya. Namun, kata dia, virus berpindah melalui tubuh manusia dan aktivitas yang dilakukan ketika berada di tempat-tempat keramaian orang.

"Corona tidak berpindah, namun kita yang memindahkan, salah satu cara berkontribusi dalam perang melawan Virus Corona cukup di rumah saja. Maka anda akan menyelamatkan dunia. Ingat pesan ibu mencuci tangan, menggunakan masker dan menjaga jarak. Semoga tahun baru berikutnya kita bisa berkumpul bersama dalam lindungan dan rahmat Allah SWT," ujar Marwan.

(sya/mso)