42 Orang Wisatawan ke Jabar Positif Corona Selama Libur Natal

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Senin, 28 Des 2020 19:04 WIB
Dinas Kesehatan dan Dinas Kebudayaan dan Parawisata Kota Bandung, menggelar rapid tes antigen secara random di sejumlah hotel yang ada di Kota Bandung, Jawa Barat. Seperti di salah satu hotel yang ada di Jalan Sumatera Kota Bandung, sejumlah wisatawan yang check in di hotel tersebut diwajibkan untuk mengikuti rapid tes antigen.
Ilustrasi (Foto: Wisma Putra)
Bandung -

Satgas Penanganan COVID-19 Jawa Barat melakukan rapid tes antigen acak terhadap wisatawan yang masuk ke Jabar. Dari tiga ribu wisatawan yang dites, 42 di antaranya positif COVID-19.

"Saya laporkan ada tiga ribu turis yang dites kemarin diberbagai titik. Terdapat positif 42 orang," ujar Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Makodam III Siliwangi, Jalan Aceh, Kota Bandung, Senin (28/12/2020).

Kang Emil sapaannya mengatakan rapid tes antigen ini dilakukan dengan menyasar wisatawan yang masuk ke Jabar. Selain di area wisata, rapid tes antigen ini juga dilakukan di sejumlah rest area.

Menurut Emil, mereka yang dinyatakan positif langsung dirujuk untuk dilakukan tes PCR sekaligus isolasi mandiri.

"Langsung dirujuk PCR sambil isolasi mandiri," kata Emil.

Menurut Kang Emil, total ada 60 ribu stok rapid tes antigen yang dimiliki Jabar. Jumlah bertambah seiring adanya bantuan dari BNPB sebanyak 20 ribu. Sehingga, rapid tes antigen akan terus dilakukan.

"Kami bangga karena telah menggunakan produk dalam negeri yang buatan Unpad. Itu andalan kami melengkapi pergeseran dari antibodi menjadi antigen," kata dia.

(dir/mud)