Waspada Keluar Rumah! BMKG Prediksi Jabar Diguyur Hujan Disertai Petir

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Minggu, 27 Des 2020 09:02 WIB
BMKG menyatakan wilayah Indonesia saat ini memasuki masa pancaroba. Awan gelap pun tampak menyelimuti langit Kota Jakarta hari ini.
Ilustrasi awan mendung/Foto: Rifkianto Nugroho
Bandung -

Potensi hujan akan terjadi di sejumlah wilayah di Jawa Barat hari ini. Hujan yang turun mulai dari ringan hingga lebat. Warga diminta waspada untuk potensi hujan tersebut.

Potensi hujan ini sesuai dengan prakiraan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandung. Dari pengamatan BMKG, Jawa Barat berpotensi diguyur hujan pada hari ini atau Minggu (27/12/2020).

"Peringatan dini. Waspada potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang antara siang hingga malam hari," ujar Kepala BMKG Bandung Tony Agus Wijaya via pesan singkat.

Menurut dia, peringatan dini potensi hujan itu terjadi di beberapa wilayah di Jabar seperti Kabupaten Bogor, Kabupaten Sukabumi, Kota Depok, Kota/Kabupaten Bekasi, Kabupaten Karawang, Kabupaten Subang, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Bandung, Kota Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Kuningan, Kabupaten/Kota Tasikmalaya, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Garut, Kota Banjar, Kabupaten Cirebon dan Kabupaten Majalengka.

"Untuk pagi hari secara umum berawan dan berpotensi hujan ringan. Sementara siang dan sore hari secara umum berpotensi hujan ringan hingga sedang dan potensi hujan sedang hingga lebat. Malam hari hujan ringan hingga sedang," kata dia.

Untuk suhu udara, ia menyatakan suhu udara di wilayah Jabar bagian utara berkisar 23-33 derajat celcius. Wilayah Jabar selatan 18-32 derajat celcius. Sementara kelembapan udara di Jabar utara 60-95 persen dan kelembapan udara Jabar selatan 60-97 persen.

"Sementara angin secara umum bertiup dari arah barat daya hingga barat laut dengan kecepatan 05-35 kilometer per jam," tuturnya.

(dir/ern)