Urban Legend

Sebuah Kamar Hilang di Rumah Pengabdi Setan

Muhammad Iqbal - detikNews
Sabtu, 26 Des 2020 18:58 WIB
Menguak cerita ada kamar yang hilang di rumah pengabdi setan
Menguak cerita ada kamar yang hilang di rumah pengabdi setan (Foto: Muhammad Iqbal)
Bandung -

Adakah yang tahu bahwa ada satu kamar yang hilang di Rumah Pengabdi Setan. Kamar tersebut pernah ada di sana namun saat ini hilang.

Rumah Pengabdi Setan menjadi ikon baru dalam wisata horor yang ada di Jawa Barat. Rumah ini ramai dikunjungi wisatawan setelah menjadi lokasi syuting sebuah film horor yang berjudul 'Pengabdi Setan'.

Rumah yang berada di tengah perkebunan teh Kertamanah, Pangalengan, Kabupaten Bandung tersebut masih menyimpan misteri. Terlepas dari filmnya, rumah ini mempunyai ceritanya sendiri.

"Dulunya orang-orang di sini juga nggak tahu soal sejarah rumah ini sebelum syuting," kata tour guide di Rumah Pengabdi Setan Ivay, beberapa pekan lalu (29/11).

Misteri itu adalah sebuah kamar yang hilang. Jika pernah ke sana, mungkin tidak menyadari bahwa ada satu kamar yang hilang.

Salah satu sudut rumah pengabdi setan di BandungSalah satu sudut rumah pengabdi setan di Bandung Foto: Muhammad Iqbal

Di lantai satu ada tiga kamar, dapur, ruang tengah dan sebuah kamar mandi disertai sumur. Kemudian menaiki tangga kayu ke lantai 2. Di sana ada dua kamar salah satunya adalah kamar ibu.

Tetapi sebetulnya, ada satu kamar lagi yang berada di lantai dua. Kamar tersebut tidaklah benar-benar hilang, melainkan ditutupi oleh wallpaper dinding.

Lokasinya berada di sebelah kamar ibu. Jika diperhatikan ada sebuah pembatas tangga yang mengarah pada sebuah dinding yakni sebelah kiri dari pintu ibu.

Cerita Ivay, di balik wallpaper dinding itu ada sebuah pintu yang mengarah pada satu kamar. Pintu itu sebelumnya ada namun karena alasan tertentu akhirnya pintu tersebut ditutupi oleh wallpaper dinding.

Ivay mengatakan, ada seorang pengunjung yang mencoba mendekati pintu tersebut. Entah kenapa tiba-tiba wanita tersebut terpental ketika akan mendekati pintu tersebut.

Ivay belum mengetahui pasti apa yang ada di dalam kamar tersebut. Akhirnya pengelola di sana menutupi pintu tersebut menggunakan wallpaper dinding dan tidak memperkenankan seorang masuk ke kamar tersebut.

Kejadian itu terjadi ketika banyak pengunjung yang mulai mendatangi rumah yang didirikan tahun 1923 itu.

"Dia (pengunjung) punya kelebihan dan penasaran, belum sampai dia langsung terpental. Makanya kita gak tahu ada misteri apa di sana. Gak tau pemujaannya di sana, gak tau tempat apa," tuturnya.

Ada sebuah cerita, kata Ivay, bahwa sempat ada seorang penghuni berkebangsaan Belanda yang kisahnya hampir mirip dengan apa yang diceritakan dalam film Pengabdi Setan.

Dan mungkin saja, itu yang menjadi alasan kenapa syuting film Pengabdi Setan dilakukan di rumah tersebut. Ketika syuting film Pengabdi Setan pun, kata Ipay, kamar tersebut tidak dipakai sebagai lokasi syuting.

"Kamar itu juga gak dipakai syuting," katanya.

Tutur Ivay, ada seorang wanita Belanda yang melakukan pemujaan. Yang mana di akhir kisah hidupnya wanita tersebut harus menanggung resiko atas pemujaannya itu.

"Ceritanya, orang Belanda itu gak punya pegangan. Jadi apa apa ia terima aja. Padahal ada ikatan, jadi dia hiraukan aja. Setelah keinginannya tercapai, baru dia tahu," kaya Ivay.

"Dan itu ada cerita di sini. Alur cerita di rumah ini nyata," ucapnya.

Jika penasaran dan ingin mencoba pengalaman mistis tersebut rumah pengabdi setan kini di buka 24 jam. Jangan begitu pengunjung dapat mendatangi rumah tersebut di tengah malam hari. Banyak pula youtuber atau vlogger yang mencoba datang ke sana untuk memastikan cerita tersebut.

(mud/mud)