Pengunjung Pantai Pangandaran Jalani Rapid Test Antigen

Faizal Amiruddin - detikNews
Sabtu, 26 Des 2020 16:20 WIB
Wisatawan pantai Pangandaran menjalani rapid antigen
Wisatawan pantai Pangandaran menjalani rapid antigen (Foto: Faizal Amiruddin)
Pangandaran -

Pemerintah Kabupaten Pangandaran melakukan pengambilan sampling tes rapid antigen terhadap wisatawan pantai Pangandaran. Tak kurang dari 50 wisatawan yang akan masuk ke lokasi obyek wisata pantai Pangandaran mulai dilakukan pengambilan sampling awal oleh petugas, Sabtu (26/12/2020). Hasilnya 50 pengunjung yang dilakukan rapid test antigen, semuanya negatif.

Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata langsung memantau ke lokasi pelaksanaan tes rapid antigen di dekat gerbang masuk pantai Pangandaran. "Ya pada hari ini mulai dilaksanakan pemeriksaan sample tes rapid antigen bagi pengunjung," kata Jeje.

Menurut Jeje, ke depan diharapkan petugas dalam melakukan pemeriksaan harus menggunakan kendaraan khusus kesehatan atau memakai ambulan.

Jeje menyampaikan selain memantau pelaksanaan tes rapid antigen, dia juga akan memantau aktivitas pengunjung terutama kepatuhan terhadap protokol kesehatan. "Alhamdulilahdari 50 sample pengunjung, hasilnya semuanya negatif," tutur Jeje.

Kepala UPTD Labkesda Pangandaran Aang Syaefurahmat mengatakan mulai hari ini sampai masa liburan tahun baru akan dilakukan pengambilan sample rapid test antigen kepada para pengunjung yang masuk ke obyek wisata pantai Pangandaran. "Setiap kendaraan yang masuk terutama kendaraan pribadi diambil satu orang untuk sampel," katanya.

Aang mengatakan pemeriksaan tes rapid antigen ini dilakukan secara acak dan gratis. "Pengunjung cukup menunggu 20 menit akan segera ketahuan, hasilnya negatif atau positif," lanjutnya.

Dirinya berharap untuk kendaraan operasional agar dapat dilengkapi dengan standar mobile laboratorium agar lebih aman dan intinya yang melindungi keselamatan petugas bekerja serta menghindari dampak terhadap lingkungan.

"Semoga Pemerintah Daerah dapat memfasilitasi untuk kendaraan ini," kata Aang.

Lihat juga video 'Kuota Rapid Test Antigen Menuju Puncak Terbatas':

[Gambas:Video 20detik]



(mud/mud)