2 Ribu Keluarga di Desa Dayeuhkolot Bandung Terdampak Banjir

Muhammad Iqbal - detikNews
Jumat, 25 Des 2020 13:07 WIB
Ribuan keluarga di Dayeuhkolot Bandung terdampak banjir
Ribuan keluarga di Dayeuhkolot Bandung terdampak banjir (Foto: Muhammad Iqbal)
Bandung -

Sebanyak dua ribu keluarga di Kampung Bojongasih, Desa Dayeuhkolot, Kecamatan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung masih terendam banjir. Air banjir sempat menggenangi pemukiman sedalam 1,2 meter.

Dari pantauan detikcom, pada pukul 10.00 WIB air masih merendam pemukiman warga dari kedalaman antara 30 - 120 centimeter. Ada sekitar 10 RW yang terendam pada banjir di libur Natal tahun ini.

"Diperkirakan sekitar 2.000 keluarga yang terendam banjir dari 10 RW. Rumah yang terendam sekitar 1.100 rumah," ujar Kepala Desa Dayeuhkolot Y. Setiana kepada detikcom, Jumat (25/12/2020).

Setiana mengatakan, ada empat RW yang terdampak parah akibat banjir kali ini. Saat ini, ketinggian air paling dalam sekitar 80 centimeter.

"Ada di RW 4, 2, 5 dan 14 yang paling parah karena berada di dekat Sungai Citarum," kata Setiana.

Saat ini, air banjir terus berangsur surut. Kata Setiana, banjir kali ini dapat cepat surut karena sejumlah kolam retensi dan proyek untuk antisipasi banjir berfungsi dengan baik.

"Mudah mudahan sekarang seperti Sodetan Cisangkuy di Kamasan itu sudah mulai mengatasi banjir, dari Kamasan dampaknya (cepat surut) ke kita," ujarnya.

Selain itu, Kantor Desa Dayeuhkolot pun ikut terendam. Sebagian warga mengungsi ke tempat pengungsian dekat kantor desa.

Ada pula panggung yang akan digunakan untuk pernikahan yang tidak dapat diakses karena jalan menuju panggung tersebut terputus oleh banjir.

(mud/mud)