Banjir Bandang Ujungberung, Tiga Kios Hancur-SIF Bandung Kena Dampak

Yudha Maulana - detikNews
Jumat, 25 Des 2020 12:02 WIB
Banjir bandang di Ujungberung Bandung rusak sejumlah kios warga
Banjir bandang di Ujungberung Bandung rusak sejumlah kios warga (Foto: Yudha Maulana)
Bandung -

Curah hujan yang tinggi mengikis kirmir atau fondasi sungai di Jalan Sekemala RT 05, RW 10, Kelurahan Pasanggrahan, Kecamatan Ujungberung, Kota Bandung pada Kamis (24/12) malam. Akibatnya, tiga kios milik warga yang berada di dekat kirmir ikut roboh.

Ara (40) pemilik konter pulsa menuturkan aliran air meluncur deras dari arah hulu. Sebelum kios pulsa dan warung kelontongnya ambruk, ia melihat fondasi kirmir sungai Sekedangdeur di bagian bawah terlebih dulu yang roboh.

"Airnya besar, saya sudah berusaha untuk mengalihkan aliran air, tapi karena airnya terlalu deras jadinya ya roboh. Pecahnya dari sana dulu (menunjuk ke bagian bawah kios), kejadiannya jam tujuh saat hujan masih besar-besarnya," ujar Ara saat ditemui di lokasi kejadian, Jumat (25/12).

Setelah memastikan tak ada anggota keluarganya yang masih berada di dalam kios, ia hanya bisa menyaksikan dua kios dan kios bakso milik Aah hancur. "Di sini ada tukang bakso juga, tapi sudah pulang. Punya saya hancur juga. Asalnya ada anak di dalam kios, tapi setelah dipastikan anaknya sudah dipindahkan, ya saya hanya bisa melihat pas jatuhnya, memang ketika itu sudah mau tutup," katanya.

"Kerugian minimal 10 juta sama bangunan," ujarnya.

Tak hanya warung warga, limpasan air juga berdampak ke Sekemala Integrated Farm (SIF) yang berada di bawah kirmir yang roboh tersebut. Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kota Bandung Gingin Ginanjar mengatakan, sejumlah kandang pembibitan domba, ayam dan tanaman yang tergerus oleh air.

"Beberapa fasilitas seperti kandang ayam, domba, dan ada bibit tanaman juga yang ikut tergerus oleh air. itu kerugian yang kami alami, tapi secara keseluruhan masih bisa diselamatkan dan aman," ujar Gingin di lokasi yang sama.

Untuk sementara, kata Gingin, kerugian green house yang dikelola Dispangtan Bandung itu masih bisa ditangani oleh UPT Tanaman Pangan, Horti dan Peternakan.. Beberapa kandang yang terdampak, akan diperbaiki kembali sempadannya dan hewan yang berada di dalamnya akan dipindahkan ke kandang yang lain.

"Kita lakukan penguatan dulu, kalau kandang ayam dibersihkan dulu, semua ayam bisa diselamatkan," katanya.

(yum/mud)